Perjalanan Panjang Antar Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Sarah Raja, Aceh Utara

Tak mudah untuk tiba di Dusun Sarah Raja, Lubok Pusaka, Langkahan, Aceh Utara. Tapi, itu tak jadi alasan bagi tim ACT bersama relawan MRI dan Komunitas SAPEFAM berhenti mengantarkan kedermawanan untuk warga di sana.

Perjalanan tim ACT, MRI dan SAPEFAM yang membelah arus sungai untuk tiba di Sarah Raja, Aceh Utara. (ACTNews/Amanda Jufrian)

ACTNews, ACEH UTARA – Berbagai program kebaikan yang Aksi Cepat Tanggap (ACT) hadirkan untuk masyarakat terus berlanjut, bahkan meluas. Kali ini, bertepatan dengan momen bulan kemerdekaan, aksi kebaikan kembali menyapa warga yang ada di pedalaman Nusantara, tepatnya di Dusun Sarah Raja, Desa Lubok Pusaka, Langkahan, Aceh Utara. Lokasi ini dipilih bukan hanya karena jauh dari pusat kota, tapi juga banyak dihuni warga prasejahtera.

Untuk tiba di Sarah Raja, tim ACT harus melewati jalur darat satu jam lamanya dan perairan menggunakan perahu sederhana juga satu jam. Tak ada pilihan jalan lain untuk tiba ke lokasi tersebut, warga pun menggunakan jalur ini sehari-hari untuk berbagai keperluan.


TIm ACT, MRI dan dibantu warga Sarah Raja membawa bantuan kemanusiaan dari tempat bersandarnya perahu ke lokasi distribusi. Untuk tiba ke Sarah Raja, Aceh Utara, memerlukan perjalanan panjang. (ACTNews/ Amanda Jufrian)

“Kami mengantar paket pangan dari Operasi Pangan Gratis, mushaf Al-Qur’an Wakaf, serta apresiasi kepada guru serta dai yang ada di sana. Tak semata mengantarkan bantuan dari dermawan, kami juga ingin membawa pesan kemerdekaan kepada warga di sini, karena bagaimanapun kita semua bersaudara satu bangsa,” jelas Kepala Cabang ACT Lhokseumawe Thariq Farline.

Teungku Muslim atau yang kerap disapa Abi Muslim merupakan salah satu dai di Sarah Raja. Sehari dalam sepekan ia datang ke Sarah Raja untuk berdakwah. Ikhlas dan tulus menjadi modalnya menyiarkan Islam. Ia tak sendiri, ada juga Teungki Musliadi yang juga mengajar agama di sana.

“Saya ucapkan ribuan terima kasih. Ada banyak bantuan yang hadir di sini, kami sangat bersyukur,” ungkap Abi Muslim yang juga Pimpinan Dayah Bustanul Muttaqim Cabang Paya Pasi.

Sambutan baik pun datang dari warga Sarah Raja. Zulklifli, Kepala Dusun, mengatakan, ia mewakili warga mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan seperti ini. Zulklifli pun sadar untuk tiba di kampungnya tidaklah mudah, terkadang ada arus sungai yang sangat deras menanti pelintas.

“Terima kasih kepada Sahabat Dermawan dan Abi Muslim yang sudah berjuang membawa ilmu agama untuk mendidik kami di sini,” ujarnya.

Untuk diketahui, bantuan kemanusiaan yang tiba di Sarah Raja merupakan buah kolaborasi ACT, Masyarakat Relawan Indonesia Aceh Utara serta Komunitas Santunan Pendidikan Fakir Miskin binaan Teungku Musliadi.[]