Perjuangan Meylani Bawa Usaha Bimbelnya Lewati Pandemi

Sulit mengajar privat dari rumah ke rumah pada saat pandemi, Meylani pada akhirnya memfungsikan kontrakannya sebagai kelas tempat anak-anak belajar.

bantuan modal umkm
Meylani ke depannya berencana melengkapi fasilitas belajar anak-anak seperti meja dan papan tulis baru. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA PUSAT – Ketika pandemi datang melanda Indonesia, Meylani (41) betul-betul hampir kehilangan sumber penghasilan. Ia biasanya mengajar bimbel secara privat, dari rumah ke rumah. Banyak orang tua dari murid-murid Meylani yang kemudian terpaksa menghentikan kegiatan bimbel anak mereka, karena adanya pembatasan sosial.

“Karena sangat terbatas untuk bergerak, akhirnya kontrakan saya sendiri yang saya buka sebagai tempat bimbel,” ujar Meylani saat ditemui Tim Global Wakaf-ACT di tempat tinggalnya di Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (4/9/2021) lalu.

Kendati belum banyak yang ingin mengikuti bimbel pada awal-awal pandemi, Meylani tetap berusaha. Ia fungsikan satu kamar di kontrakannya sebagai kelas siswa pada siang hari, dan menjadi tempat ia beristirahat pada malam hari.


Seiring berjalannya waktu, pandemi cukup terkendali dan kebutuhan pendidikan anak-anak di lingkungan Meylani juga meningkat. Murid-murid Meylani juga bertambah, sehingga ia memutuskan untuk pindah ke kontrakan yang lebih layak.

“Alhamdulillah, saat ini sudah mulai jalan lagi di kontrakan baru. Rencananya nanti mau melengkapi beli papan tulis sama meja belajar untuk anak-anak. Tapi mungkin itu buat nanti, karena saat ini penghasilan dari bimbel masih fokus buat nutupin kebutuhan harian keluarga dahulu,” ungkap Meylani.

Global Wakaf-ACT pun turut mendukung semangat Meylani untuk memenuhi kebutuhan serta mendidik anak-anak di sekitar lingkungannya. Melalui Wakaf UMKM, Global Wakaf-ACT memberikan bantuan modal usaha kepada Meylani.

Ia pun merasa senang dengan kehadiran bantuan dari para dermawan ini. “Terima kasih Global Wakaf-ACT atas bantuannya. Bantuan ini benar-benar datang di saat yang tepat, buat pengembangan usaha bimbel saya saat ini,” ujar Meylani. []