Perjuangan Ustaz Zainal Mempertahankan Pengajian

Agar anak-anak kampung bisa terus mengaji, Ustaz Zainal harus berpindah tempat mengajar. Jumlah santri yang semakin banyak membuat suasana masjid menjadi ramai dan dianggap mengganggu kekhusyukan jemaah.

sahabat dai indonesia
Ustaz Zainal saat menerima bantuan biaya hidup. (ACTNews)

ACTNews, CIAMIS Kehadiran dan antusiasme anak-anak mengaji di masjid menjadi dilematis. Di satu sisi bagus untuk pendidikan Islam anak-anak, tapi di sisi lain kekhusyukan jemaah lain yang tengah beribadah terganggu dengan suara anak-anak, baik suara saat sedang mengaji atau  suara mereka bermain. 

Hal itulah yang dialami Ustaz Zainal Muttaqin saat mengajar anak-anak mengaji di salah satu masjid di Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Di mana jumlah santri yang semakin banyak, namun tidak ada tambahan pengajar, membuat kegiatan mengaji menjadi lebih lama. 

"Karena ngajarnya sendirian tapi santrinya tambah, jadi isya belum selesai. Anak-anak kan baca (Al-Qur’an) satu-satu maju, jadi memerlukan waktu yang lebih lama," kata Ustaz Zainal saat ditemui tim ACT Ciamis, Rabu (22/9/2021). 

Akibatnya, lanjut Ustaz Zainal, kekhusyukan jemaah saat ibadah terganggu. Sehingga para jemaah menyarankan agar pengajian dipindah ke tempat lain. Ustaz Zainal sempat kebingungan dipindahkan ke mana anak-anak mengaji dan sempat berpikir untuk membubarkan kegiatan.

“Enggak punya tempat khusus anak-anak mengaji. Apa dibubarkan saja? Tapi kata orang tua santri jangan. Akhirnya pindah ke rumah meski berdesakan, karena rumah saya sempit, dan alhamdulillah masih pada ngaji sampai sekarang," ujar Ustaz Zainal. 

Andra Rian dari tim ACT Ciamis mengatakan, perjuangan Ustaz Zainal dalam mendidik anak-anak sangat besar. Di mana hampir semua anak-anak yang ada di kampung tersebut mengaji ke Ustaz Zainal. "Bahkan selama ini ia tidak mendapatkan upah dari siapa pun, termasuk dari para orang tua santri," jelasnya. 

Untuk mendukung perjuangan Ustaz Zainal, Global Zakat-ACT memberikan bantuan biaya hidup, Rabu (22/9/2021). "Atas bantuan dari para dermawan, beliau mengucapkan terima kasih," katanya.[]