Perjuangan Yuyun Kelola Usaha: Dari Kesulitan Modal Hingga Bisa Rutin Sedekah Subuh

Yuyun sempat merasakan bagaimana pandemi menggerus usaha katering yang ia jalani puluhan tahun. Tetapi ketekunan Yuyun melampaui halangan tersebut, sampai ia bisa membangkitkan usahanya kembali.

bantuan modal serang
Dengan perjuangan keras dan dorongan bantuan dari Wakaf UMKM, usaha Yuyun kini terus berkembang. (ACTNews)

ACTNews, SERANG – Usaha katering yang telah dijalani Yunarni Ivandawati alias Yuyun selama 20 tahun ke belakang ikut terdampak pandemi. Penurunan omzet yang ia alami terasa cukup drastis pada awal pandemi datang. Sampai pesanan catering Yuyun kosong, dan ia harus menjual nasi kuning di depan rumahnya di Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang. “Kadang nasi kuning dijual juga tidak sampai habis,” tambah Yuyun ditemui Jumat (19/11/2021).

Tetapi aktivitas tersebut yang menjadi satu-satunya pemasukan Yuyun pada saat itu. Setiap pagi ia berjualan dibantu oleh suami yang baru saja dirumahkan dari tempat bekerjanya. “Sampai di titik sama sekali enggak ada modal ketika pesanan katering masuk,” terang Yuyun.

Doa dan kerja keras terus dijalankan Yuyun, sampai hasil mulai terlihat. Usaha tersebut perlahan berkembang, dan kemudian didorong juga melalui program Wakaf UMKM dari Global Wakaf-ACT pada pertengahan bulan Mei lalu.


“Modal tersebut benar-benar saya manfaatkan untuk beli bahan baku, stand banner, dan kebutuhan lain. Pas banget satu hari sebelumnya dapat pesanan katering nasi boks. Alhamdulillah, setelah itu bisa langsung diantar,” cerita Yuyun.

Modal Yuyun terus berputar. Hingga saat ini, ia memiliki lima orang karyawan di beberapa tempat usaha yang ia kelola, mulai dari usaha makanan hingga pangkas rambut. Tak lupa Yuyun membagi keberkahan yang ia dapat kepada orang lain. Setiap subuh, ia memberikan sedekah kepada dua orang pemulung yang ia temui di sekitar rumah. “Terima kasih atas bantuan Wakaf UMKM dari Global Wakaf-ACT. Harapannya, semoga keberkahan juga datang untuk para penerima manfaat lainnya,” harap Yuyun. []