Perkampungan Nelayan di Dok IX Jayapura Terbakar

Hingga Selasa (20/10), ratusan warga korban kebakaran Dok IX Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, masih mengungsi dan membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Perkampungan Nelayan di Dok IX Jayapura Terbakar' photo
Korban kebakaran di Dok IX Jayapura mengungsi. (ACTNews)

ACTNews, JAYAPURA, JAKARTA – Api melahap ratusan rumah nelayan yang sebagian besar terbuat dari kayu di  Dok IX Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Senin (19/10) pukul 18.00 WIT. Musibah itu membuat 728 orang kehilangan tempat tinggal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Aksi Cepat Tanggap, salah seorang warga sekitar lokasi kejadian melihat terjadi kebakaran kemudian melaporkan ke polsek setempat. Informasi tersebut diteruskan ke pihak Pemadam Kebakaran Kota Jayapura. Sebanyak delapan unit mobil damkar Kota Jayapura dikerahkan, water canon Polda Papua, dan beberapa mobil suplai air bersih, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22.30 WIT. Tidak ada korban jiwa, namun dua orang terluka.

“Relawan tim Disaster Emergency Response - ACT sudah kami tugaskan untuk mendata. Sejauh ini, dari laporan yang diterima tim DER-ACT pusat, warga membutuhkan bantuan darurat berupa makanan,” terang Lukman Solehudin, Selasa (20/10).

Hingga Selasa (20/10) siang, tim DER di Jakarta masih berkoordinasi dengan relawan di Jayapura. Lukman mengatakan, tim akan mengikhtiarkan pendampingan psikososial untuk pengungsi anak dan bantuan bahan makanan.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, hingga Selasa sore, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Polresta Jayapura Kota bersama Polsek Jayapura Utara masih menyelidiki penyebab kebakaran di kawasan permukiman padat penduduk itu.[]