Perkuat Kapasitas Relawan Melalui Volunteer Camp

Melalui Volunteer Camp, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di Sulawesi Selatan menambah wawasan dunia kerelawanan.

Perkuat Kapasitas Relawan Melalui Volunteer Camp' photo
Para peserta Volunteer Camp berfoto usai mengikuti kamp relawan selama tiga hari dua malam di Gowa, Sulawesi Selatan. (ACTNews)

ACTNews, GOWA – Pemahaman bela negara, kesukarelawanan, dan program-program kemanusiaan diperoleh peserta Volunteer Camp pada Sabtu (12/10) dan Ahad (13/10) lalu. Berlokasi di Dusun Borongbulo, Desa Paranglompoa, Kecamatan Bontolempangan, Gowa, Sulawesi Selatan, kamp relawan ini diselenggarakan bagi anggota Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di Sulawesi Selatan.

“Acara ini diikuti 108 peserta dari delapan daerah. Ada Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Selayar, Makassar, Maros, Pangkep, Sidrap, dan Selayar,” terang Kepala Program ACT Sulawesi Selatan Nur Ali Akbar.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dua malam, dimulai sejak Jumat malam yang diisi dengan pengenalan dan dilanjutkan dengan materi pada Sabtu hingga Ahad. Peserta pun langsung menerapkan materi yang dilakukan. Pada Ahad (13/10), para peserta diminta melakukan asesmen terkait kondisi masyarakat.

“Sebelumnya mereka telah dibekali tata cara dan etika dalam melakukan asesmen oleh rekan-rekan MRI Gowa dan MRI Takalar,” lanjut Nur Ali.

Volunteer Camp bertujuan mengenalkan Aksi Cepat Tanggap dan pembekalan dasar-dasar kerelawanan. Kegiatan ini juga menjadi sarana perekrutan relawan baru MRI. []

Bagikan