Peroleh Modal dari Wakaf, Iin Manfaatkan Kesempatan Kembangkan Usaha

Sambil mengabdi kepada sebuah pondok pesantren di Cirebon, Iin Fatanudin (23) memenuhi kebutuhan keluarga dengan berjualan donat. Meskipun belum memiliki kemasan yang bagus, namun Iin terus percaya dan mengembangkan usahanya seiring dengan pesanan yang terus datang.

Peroleh Modal dari Wakaf, Iin Manfaatkan Kesempatan Kembangkan Usaha' photo
Iin sedang membentuk adonan donat. (ACTNews)

ACTNews, CIREBON – Iin Fatanudin (23) telah lama merantau dari Tasikmalaya ke Cirebon. Ia kini mengabdi di sebuah pesantren di kota tempat ia tinggal. Namun sambil mengabdi sebagai pengurus pesantren, Iin juga mencari nafkah tambahan dengan berjualan donat.

“Saya di sini juga ada sebagai pengurus pesantren, tapi untuk usaha donat sendiri baru beberapa tahun ini saya geluti. Alhamdulillah dengan kemampuan seadanya, saya bisa membuat donat ini. Walaupun keterbatasan alat, saya tidak khawatir karena saya biasa menggunakan (alat-alat) manual sehingga sudah terbiasa,” cerita Iin pada Senin (21/9) lalu.

Semua usaha itu dilakoni Iin semata untuk menghidupi keluarganya. Iin yang terbilang masih muda, kini punya tanggungan seorang anak dan istri. Sesekali sang istri juga ikut membantu Iin dalam menjalankan usahanya.


“Saya tergolong masih muda sekali tapi saya sudah berumah tangga dan punya satu anak laki-laki dan istri. Istri juga bantu-bantu saya jualan donat. Saya sering masukin juga ke warung-warung, walaupun masih belum ada merek atau kemasan yang bagus, tapi sudah banyak pesanan yang datang,” syukur Iin.

Kesempatan mengembangkan usaha datang dari seorang kenalannya yang merupakan relawan Global Wakaf – ACT. Kala itu, ia mendengar tentang Wakaf Modal Usaha Mikro yang menyalurkan modal usaha kepada UMKM tanpa riba sama sekali.

“Saya tertarik, saya beranikan diri untuk ikutan program ini Semoga bisa bermanfaat dan menambah modal saya, khususnya saya mau beli alat mikser dan lain sebagainya. Sehingga saya bisa lebih mudah lagi buat bikin donat. Terima kasih Global Wakaf – ACT atas bantuannya,” ungkap Iin.


Serah terima Wakaf Modal Usaha Mikro kepada Iin. (ACTNews)

Program Wakaf Modal Usaha Mikro bertujuan untuk menopang para pelaku UMKM di masa-masa sulit ini. Demikian diungkapkan oleh Muhammad A Tawwaba dari Tim Program Global Wakaf – ACT.

“Karena pada masa pandemi ini, usaha kecil sulit untuk terus berjalan. Oleh karenanya kami menghadirkan amanah wakaf untuk para pelaku usaha. Total ada 14 pelaku usaha yang menjadi penerima manfaat dari program ini pada Senin dan Selasa (22/9) lalu di Kabupaten dan Kota Cirebon, serta Kuningan,” jelasnya.

Tawwaba turut mengajak para dermawan untuk meluaskan manfaat dari Wakaf Modal Usaha Mikro. Terutama, bagi warga di Cirebon dan sekitarnya. “Kami berharap akan ada lagi penerima manfaat lainnya dari program ini sehingga kemanfaatannya lebih luas lagi. Oleh karenanya, kami terus mengharapkan dukungan para dermawan dalam program ini,” harap Tawwaba. []