Pertama Kali Mengaspal, Humanity Food Truck Bagikan Ratusan Porsi Makanan untuk Pengungsi di Idlib

Humanity Food Truck mengaspal untuk pertama kalinya di Suriah. Dalam aksi perdananya, 500 porsi nasi mandhi berlauk ayam diberikan gratis untuk para pengungsi di Idlib.

Humanity Food Truck Suriah membagikan ratusan porsi makanan untuk pertama kali. (ACTNews)
Humanity Food Truck Suriah membagikan ratusan porsi makanan dalam aksi perdananya. (ACTNews)

ACTNews, IDLIB – Setelah hampir tiga bulan pengerjaan, Humanity Food Truck akhirnya bisa mengaspal di Suriah pada Senin (28/6/2021). Ini adalah unit pertama yang dibuat khusus untuk membagikan makanan siap saji kepada para pengungsi. Dalam aksi pertamanya, Humanity Food Truck membagikan lima ratus porsi makanan siap saji untuk para pengungsi di Kafr Takharim, Idlib.

Menu yang terdiri dari nasi mandhi dan ayam lezat dimasak langung oleh koki khusus di dalam truk yang memiliki panjang keseluruhan 5 meter itu. Sama dengan unit di Indonesia, Humanity Food Truck Suriah juga dilengkapi dengan peralatan masak modern. Di dalamnya, juga terdapat generator untuk pasokan listrik, serta tangki air dengan kapasitas satu meter kubik.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response-ACT menjelaskan, proses pembuatan Humanity Food Truck Suriah ini telah dimulai sejak 12 April lalu. "Penyelesaian lebih cepat dari target kita sebelumnya, yakni pada bulan Juli. Food Truck ini mampu membuat hingga 500 porsi makanan tiap harinya,” ujar Said.

Para pengungsi terlihat antusias atas kehadiran Humanity Food Truck. Hal itubterlihat saat tim Humanity food Truck menyambangi kamp tempat tinggal mereka. Anak-anak maupun orang dewasa mengantre dengan tertib untuk mendapatkan makanan lezat nan bernutrisi.

Selama ini, makanan dengan nilai gisi seimbang adalah kemewahan bagi para pengungsi. Krisis berkepanjangan yang menimpa Suriah menyebabkan harga bahan pangan naik. Para pengungsi yang tidak memiliki uang pun hanya bisa gigit jari sambil menahan lapar karena tidak mampu membeli makanan.

“Insyaallah, Humanity Food Truck Suriah akan membagikan paket makanan siap saji hingga ke seluruh penjuru Idlib, kamp-kamp pengungsian, hingga ke wilayah yang jarang tersentuh oleh bantuan kemanusiaan,” tambah Said.

Said pun mengajak seluruh Sahabat Dermawan untuk bisa terus memberikan bantuan terbaiknya agar Humanity Food Truck bisa terus membagikan makanan bergizi kepada para pengungsi. “Jika bantuan yang hadir mampu terus mengalir, bahkan bukan hal yang mustahil jika unit Humanity Food Truck bisa ditambah,” pungkasnya.[]