Pertamina Peduli Penuhi Kebutuhan Pangan Pejuang Nafkah di Balikpapan

Pertamina RU V & MOR VI berkolaborasi bersama ACT Kalimantan Timur dalam pendistribusian bantuan melalui Operasi Pangan Gratis kepada para pekerja harian. Ratusan paket pangan telah terdistribusikan pada aksi yang berlangsung semenejak 21 April hingga 15 Mei ini.

Pertamina Peduli Penuhi Kebutuhan Pangan Pejuang Nafkah di Balikpapan' photo
Serah terima bantuan kepada salah satu pengemudi ojek daring. (ACTNews/Arifka Nanda)

ACTNews, BALIKPAPAN – Pertamina RU V & MOR VI menunjukkan solidaritas untuk bangsa melalui Operasi Pangan Gratis bersama ACT Kalimantan Timur untuk pengemudi ojek daring dan supir angkot di Balikpapan. Aksi berlangsung sejak 21 April hingga 15 Mei kemarin.

Ratusan paket pangan telah didistribusikan secara bertahap untuk para pengemudi ojek daring dan sopir angkot yang telah terdaftar dan memang dalam kondisi yang membutuhkan. Hal ini berdasarkan hasil survei tim ACT terhadap mereka yang sangat terdampak dari segi pendapatan harian.

“Alhamdulillah bagaimanapun kondisinya, ya kita tetap harus berjuang mencari nafkah buat keluarga. Apalagi ini penghasilan utama kita satu-satunya. Meski seharian narik dapat Rp30 ribu - Rp50 ribu, seenggaknya masih bisa buat makan sudah bersyukur. Dijalani saja, karena di luar sana mungkin masih banyak yang tidak seberuntung kita. Dengan adanya bantuan seperti ini kami sangat terbantu dan sangat berterima kasih. Semoga Covid-19 ini dapat segera berakhir,” ungkap Panjaitan (56), salah seorang pengemudi ojek daring, Jumat (15/5) lalu.


Salah satu pengemudi angkot bersama bantuan dari Operasi Pangan Gratis di Balikpapan. (ACTNews/Arifka Nanda)

Cerita di atas hanyalah satu dari sekian banyak keluh kesah para pejuang harian lainnya yang harus berjuang dan mengandalkan pekerjaan hariannya demi keluarga. Tidak sedikit juga di antaranya yang terpaksa harus menunggak beberapa tagihan seperti kontrakan, listrik, air, biaya sekolah, dan lainnya.

Sejak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mengatasi pandemi Covid-19 di Balikpapan pada awal April lalu, pendapatan mereka berkurang drastis sehingga sulit memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Andi Muhammad Akbar dari Tim Kemitraan ACT Kalimantan Timur berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan sedikit beban mereka.


“Kita tahu jika pejuang nafkah harian seperti pengemudi ojek daring dan supir angkot ini sangat merasakan imbas akibat pandemi ini. Bahkan banyak yang tidak dapat penumpang sama sekali. Oleh karenanya, kami berharap dengan adanya program Operasi Pangan Gratis dari Pertamina Peduli ini dapat membantu perjuangan mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan untuk satu hingga dua bulan ke depan. Masing-masing paket yang kita berikan berisi 15 kg beras dan 2 piringan telur,” jelas Andi.

Selain Operasi Pangan Gratis, Kolaborasi Pertamina Peduli dan ACT kali ini juga hadir dalam bentuk Alat Pelindung Diri bagi pahlawan medis di Kalimantan Timur, hingga santunan anak yatim dan paket hari raya idul fitri untuk rekan jurnalis se-Kalimantan. Ke depannya, bantuan yang akan disalurkan yakni wastafel portabel untuk menunjang penanggulangan Covid-19. []


Bagikan