Pesan Kedermawanan Dalam Sepaket Kebaikan

Nyatanya, paket pangan dari ACT yang dibawa pulang warga lewat implementasi program pangan bukan hanya berisikan bahan makan untuk memenuhi kebutuhan beberapa hari ke depan saja. Lebih dari itu, ada pesan kedermawanan yang menjadi bukti bahwa kebaikan itu terus hadir walau keadaan ekonomi bangsa dan dunia ini tengah diuji badai pandemi.

operasi pangan murah
Relawan MRI Bogor (kiri) mengantar seorang lansia yang kesulitan membawa paket pangan dari Operasi Pangan Gratis di Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jumat (15/10/2021). (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, JAKARTA – Pertengahan Oktober, tepatnya Jumat (15/10/2021), menjadi momentum Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program terbarunya yaitu Operasi Pangan Murah. Bazar pangan berkualitas dengan harga terbaik ini digelar serempak di berbagai kota di Indonesia melalui cabang-cabang ACT. Warga bisa membawa pulang bahan pangan yang tersedia hanya setengah harga dari nilai barang. Program ini merupakan bagian dukungan ACT sebagai lembaga kemanusiaan di tengah kehidupan yang mulai bergeliat, walau belum sepenuhnya kembali normal.

Seremoni peluncuran Operasi Pangan Murah digelar di Jakarta Utara dan dilanjutkan dengan implementasi yang berlangsung di berbagai titik. Di Jakarta Barat misalnya,  kegiatan yang didukung kedermawanan masyarakat ini digelar di Masjid Al-Hurriyyah, Puri Indah, Kembangan. Warga prasejahtera menjadi sasaran utama penerima paket pangan dengan harga murah ini.

Di Jakarta, Operasi Pangan Murah tak hanya diselenggarakan di bagian barat saja, tapi juga di titik lain, mulai dari Jakarta Pusat hingga Selatan. Implementasi kebaikan pun menyebar ke wilayah Bodetabek.

Kepala Cabang ACT Bogor Ishaq Maulana yang datang di aksi Operasi Pangan Murah di Cijeruk, Kabupaten Bogor, mengatakan, Operasi Pangan Murah merupakan stimulan di tengah kehidupan yang berangsur normal. Dan, yang paling penting ialah, paket yang dibawa pulang bukan sekadar berisikan pangan untuk memenuhi kebutuhan dalam beberapa waktu ke depan. Akan tetapi, dalam sepaket kebaikan tersebut menyimpan pesan kedermawanan yang menjadi bukti bahwa hingga kini masih banyak kepedulian mengalir di tengah terpaan kondisi ekonomi yang menurun dampak pandemi.

“Yang digenggam oleh warga untuk dibawa pulang pada dasarnya bukan hanya sekadar paket pangan. Tapi mereka juga membawa pesan yang menjadi bukti kedermawanan itu benar-benar nyata,” jelas Ishaq, Jumat (15/10/2021).

Selain Operasi Pangan Murah, ACT pun menghadirkan Operasi Pangan Gratis yang telah bergulir sejak awal pandemi di tahun 2020 lalu. Aksi ini juga telah meluas ke berbagai daerah. Di Madiun dan Manado misalnya. Wujud nyata kedermawanan menghadirkan ratusan paket pangan gratis untuk warga prasejahtera, khususnya terdampak pandemi, dan pekerja harian.

Dian Adiwibowo, Kepala Cabang ACT Madiun menyebut, pangan menjadi salah satu permasalahan yang turut hadir, apalagi selama pandemi. Dengan menurunnya ekonomi masyarakat, membuat kemampuan pemenuhan pangan pun terancam. Sehingga, urusan ini menjadi serius bagi ACT untuk penanganannya.

“Kedermawanan menjadi motor penggerak aksi-aksi kebaikan ini. Sedekah terbaik, ACT salurkan melalui berbagai program. Terima kasih kepada seluruh dermawan,” ungkap Dian.[]