Pesan Ustaz Fadlan untuk Santri Indonesia

Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari peran santri di dalamnya. Begitu pun saat ini, santri harus terus berperan dalam memajukan Indonesia. Itulah pesan yang ingin disampaikan Ustaz Fadlan pada santri Indonesia.

Ustaz Fadlan dalam sesi wawancara dengan ACT, Selasa (22/10). (ACTNews/Irwan Fauzi)

ACTNews, JAKARTA Tak sedikit kehidupan santri di berbagai pelosok negeri kondisinya masih memprihatinkan. Mereka menuntut ilmu walau dengan fasilitas pendidikan yang terbatas. Belum lagi, tak jarang mereka terkendala masalah ketersediaan pangan.

Kondisi ini terlihat di Pesantren Al-Istiqomah, Kampung Walesi, Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Fasilitas mereka untuk menuntut ilmu sangat sederhana. Bahkan, para santri dan ustaz pengajar sempat kekurangan logistik pangan ketika pecah konflik kemanusiaan di Wamena beberapa pekan lalu.

Walau berada di tengah konflik, keterbatasan fasilitas serta kurangnya ketersediaan pangan, para santrinya tak patah semangat. Ketika Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkunjung pada Jumat (4/10) lalu, santri dan pengajarnya tetap antusias melakukan kegiatan belajar mengajar.

Hal serupa juga dapat dilihat di MAS Darul Ulum Sikakap, Mentawai, Sumatra Barat. Belajar dengan fasilitas yang masih terbatas seakan sudah terbiasa. Mereka hanya belajar dengan dua kelas yang digunakan secara bergantian untuk tiga tingkat. Sedangkan satu ruang kelas kini telah disulap sebagai tempat tinggal santri yang menetap di sekolah.


Suasana upacara di MAS Darul Ulum Sikakap, Mentawai pada Maret 2019 lalu. MAS Darul Ulum merupakan satu-satunya sekolah tingkat atas berbasis Islam. (ACTNews/Muhar Zulfikar)

Melihat masih banyaknya kondisi pesantren seperti itu di berbagai penjuru negeri, Ustaz Fadlan Garamatan kemarin mengatakan, santri perlu terus mengemban ilmu walau dengan kondisi dan fasilitas yang terbatas di pesantren. “Santri merupakan penerus para nabi,” ungkapnya, Selasa (22/10),  pada kesempatan peluncuran program Beras untuk Santri Indonesia dari ACT yang bertepatan dengan HSN 2019.

Beras untuk Santri Indonesia merupakan program yang akan menyediakan kebutuhan beras bagi pesantren-pesantren di berbagai pelosok negeri. Pesantren yang dibina Ustaz Fadlan merupakan salah satu pesantren yang akan mendapatkan distribusi beras dari ACT pada Rabu (23/10).

Fadlan yang merupakan ustaz asal Papua ini menambahkan, santri di zaman modern harus dapat terus menjadi bagian penerus bangsa. Menurutnya, layaknya para pendahulu mereka yang berjuang dan mempertahankan kemerdekaan, maka santri zaman sekarang harus menjadi ujung tombak memajukan Indonesia.