Pesantren Peradaban Segera Hadir dan Mudahkan Pendidikan di Cintabodas

Global Wakaf - ACT sedang membangun sebuah sekolah setara SMA yang bernama Pesantren Peradaban. Hadirnya Pesantren Peradaban di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya diharapkan dapat mempermudah akses pendidikan di sana.

Pesantren Peradaban Segera Hadir dan Mudahkan Pendidikan di Cintabodas' photo
Beberapa bangunan dari Pesantren Peradaban yang telah selesai dibangun. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, TASIKMALAYA – Global Wakaf - ACT membangun sebuah sekolah yang bernama Pesantren Peradaban di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya. Pesantren Peradaban nantinya hadir untuk membantu anak-anak sekitar memperoleh pendidikan.

“Saat ini masih dalam proses awal pembangunan. Insyaallah kita rencanakan akan mulai beraktivitas pada Juli tahun 2021 nanti. Kita rencanakan sekolah akan menampung siswa dan siswi SMA sederajat,” kata Wahyu Novyan selaku Direktur Program ACT saat peninjauan lokasi sekolah pada Kamis (18/6) lalu.

Selain sarana pendidikan, Pesantren Peradaban nantinya juga akan dilengkapi dengan asrama khusus putra dan putri. Para santri sendiri tidak akan dikenakan biaya selama menempuh pendidikan di Pesantren Peradaban.

“Selama belajar, para santri biaya, free alias gratis. Di awal, pesantren ini akan ditujukan untuk masyarakat sekitar Cintabodas, terutama di wilayah Lumbung Ternak Wakaf, dan selanjutnya akan terus dikembangkan untuk masyarakat luas,” jelas Wahyu.


Salah seorang pekerja pembangunan sedang mengambil semen. (ACTNews/Imam Al Daffa)

Pembangunan Pesantren Peradaban telah dimulai sekitar tiga bulan yang lalu dan kini sudah memiliki bangunan kantor serta beberapa kelas. Selanjutnya tim akan memfokuskan pembangunan rumah para guru dan masjid.

“Kami saat ini memfokuskan pembangunan masjid dan rumah tinggal untuk para guru di wilayah pesantren. Rencana detail lainnya masih kita siapkan dan mudah-mudahan sesuai rencana. Pada tahun pertama, pesantren ini insyaallah dapat menampung sekitar 80 siswa dan siswi,” ujar Wahyu.

Karman, salah seorang warga, mengaku senang dengan kehadiran program-program Global Wakaf - ACT di Desa Cintabodas. Dengan hadirnya sekolah ini, ia merasa Global Wakaf - ACT perlahan dapat mendorong kemajuan warga desa.


“Alhamdulillah, harapannya Global Wakaf - ACT bisa semakin maju di sini. Jadi bisa membawa juga kemajuan bagi warga sekitar dengan adanya program-program seperti Pesantren Pembangunan ini,” ujar Karman.

Pesantren Peradaban akan melengkapi Kawasan Wakaf Terpadu yang telah dirintis oleh Global Wakaf - ACT sejak tahun 2011 lalu. Sampai sekarang masih berdiri Lumbung Ternak Wakaf di Desa Cintabodas yang memilikki ribuan ternak serta memberdayakan ratusan warga sekitar yang bekerja di sana.

“Alhamdulillah setelah adanya Lumbung Ternak Wakaf, sekarang akan ada Pesantren Peradaban. Insyaallah ini akan melengkapi pemberdayaan di Desa Cintabodas. Semoga pembangunan Pesantren Peradaban ke depannya akan membawa maslahat yang besar juga untuk warga,” terang Wahyu. []


Bagikan