Pesawat Tempur Israel Tembakkan Misil ke Gaza

Kondisi mencekam dialami warga Gaza di awal tahun 2022. Pesawat tempur dan artileri Israel menyerang beberapa wilayah dan menyebabkan kerusakan di sejumlah wilayah.

palestina diserang israel
Ledakan besar di Khan Younis, Gaza Selatan, usai misil ditembakkan dari pesawat tempur Israel. (AFP/Said Khatib)

ACTNews, GAZA – Pada Sabtu (1/1/2022) malam, pesawat tempur milik Israel menembakkan sejumlah misil ke beberapa wilayah di Gaza, Palestina. Israel juga dilaporkan mengerahkan artileri. 

Di utara Jalur Gaza, artileri Israel menyerang ke timur kota Beit Hanoun dan area terbuka di utara kota Beit Lahia. Sementara di selatan Gaza, misil jatuh di sebelah barat Khan Younis.

Dilansir dari kantor berita resmi Palestina, WAFA, meski tidak ada korban jiwa, serangan tersebut telah menyebabkan kerusakan bangunan-bangunan di sekitar lokasi. Kejadian ini merupakan serangan misil kelima dari pesawat tempur Israel pascagencatan senjata yang diumumkan Mei 2021 lalu.

Said Mukaffiy dari Global Humanity Response ACT menyayangkan kejadian ini. “Kejadian di awal tahun ini menunjukkan bahwa dukungan kita harus semakin kuat untuk masyarakat Palestina di tahun ini,” kata Said, Senin (3/1/2022)

Mei lalu, 248 warga Palestina meninggal dunia karena serangan Israel ke Gaza termasuk di antaranya 66 anak-anak dan 39 perempuan.[]