Petani Korban Banjir di Serdang Bedagai Terima Bantuan Pangan dan Pupuk

Dukungan bahan makanan dan pupuk hadir menyemangati petani korban banjir di Desa Cempedak Lobang. Para petani mengalami kerugian karena sawah mereka terendam banjir sejak satu setengah bulan lalu.

Serah terima bantuan bahan makanan kepada warga korban banjir Dusun I, Desa Cempedak Lobang, Rabu (30/12). (ACTNews)

ACTNews, SERDANG BEDAGAI – Aksi Cepat Tanggap Sumatra Utara dan Masyarakat Relawan Indonesia Serdang Bedagai menyerahkan bantuan pangan dan pupuk ke petani korban banjir di Dusun III Sei Rejo dan Dusun I, Desa Cempedak Lobang, Kecamatan Sei Rampah, Rabu, (30/12). Ketua Relawan ACT dari MRI Kabupaten Serdang Bedagai Bramono menerangkan, bantuan pangan terdiri dari satu ton beras, minyak goreng, gula, dan pupuk. Bantuan ini dukungan dari PT. Pupuk Iskandar Muda Aceh.

“Musim ini petani merugi. Sawah yang mereka telah terendam banjir sejak 1,5 bulan lalu. Padi yang sudah dipupuk mati dan dapat dipastikan gagal panen,” kata Bramono.

Suendi (60), salah seorang petani di Dusun III Sei Rejo, mengaku, sudah banyak mengeluarkan modal untuk mengolah tanah, membeli benih, dan membeli pupuk. “Sebab itu kami bersyukur atas bantuan pupuk ini. Kami akan pergunakan untuk kembali menanam. Memang, semua sudah menjadi takdir Allah. Saat ini kami menanam ulang dengan modal pinjaman. Mungkin, hasilnya tidak akan maksimal karena sudah terlambat pola musim tanamnya,” aku Suendi.

Bantuan sembako dari PT Pupuk Iskandar Muda yang disalurkan ACT dan MRI Sergai, diserahkan secara simbolis kepada kepala dusun untuk segera disampaikan kepada petani korban banjir.[]