Peternak Lokal Dukung Aksi Kebaikan Global Qurban

Sebuah peternakan di Depok siap menyuplai ratusan ekor sapi untuk Global Qurban. Burhan, sang pemilik, mengatakan, kolaborasi tersebut tak hanya urusan niaga, tapi juga ikhtiar membantu menyelesaikan permasalahan kemanusiaan di masa pandemi ini.

Peternak Lokal Dukung Aksi Kebaikan Global Qurban' photo
Sentra Hewan Qurban Terbaik di Depok. Tempat ini bakal menyuplai ratusan sapi untuk Global Qurban. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, DEPOK Global Qurban - ACT terus meluaskan kolaborasi dengan peternak lokal untuk mendukung kebaikan saat Hari Raya Iduladha mendatang. Kali ini peternakan yang berlokasi di Cimanggis, Depok yang bakal menyuplai hewan kurban. Untuk tahap pertama, ratusan ekor sapi Bima disiapkan menjadi hewan kurban untuk Iduladha nanti.

Lokasi peternakan tak jauh dari pintu tol Cisalak. Peternakan milik Burhan itu bisa menampung hingga seribu  ekor sapi. Peternak pun selalu memastikan hewan untuk kurban selalu dalam kondisi sehat.

“Sapi-sapi di sini kami datangkan dari Bima, Kupang, dan sekitarnya,” jelas Burhan, Senin (6/7), saat tim Global Qurban - ACT menemuinya di lokasi peternakan.

Burhan yang juga merupakan peternak asal Bima ini mengatakan, hadirnya peternakan yang berlokasi di Depok ini sekaligus sebagai medium pemberdayaan masyarakat, khususnya warga Bima yang merantau dan belum jelas pekerjaannya. Di peternakan itu terdapat puluhan pekerja asal Bima serta warga sekitar peternakan. Setiap harinya mereka melakukan perawatan sapi untuk tetap menjaga kesehatan serta kebersihan kandang.

Peternakan milik Burhan saat ini siap untuk menyuplai ratusan ekor sapi untuk Global Qurban - ACT. Hewan kurban dari peternakan tersebut akan disembelih di rumah potong hewan dan akan didistribusikan bagi masyarakat prasejahtera, khususnya masyarakat yang tinggal di pusat sebaran virus Covid-19.

“Waktu dihubungi sama tim Global Qurban dan dijelaskan kalau sapi-sapi dari peternakan saya akan didistribusikan untuk warga prasejahtera, saya tertarik untuk terlibat di dalamnya. Makanya ada kerja sama ini, tak hanya sekadar bisnis bagi seorang peternak, tapi lebih dari itu bangga saya bisa jadi bagian aksi kebaikan Global Qurban,” tambah Burhan yang kini menyebut peternakannya sebagai Sentra Hewan Qurban Terbaik Global Qurban.

Saat tim Global Qurban menyambangi peternakan milik Burhan, pekerja peternakan tengah sibuk memberikan pakan. Sapi asal Bima dan sekitarnya itu diberikan pakan rumput serta ampas tahu sebagai tambahan. Burhan menjelaskan, sebisa mungkin memberikan bahan makanan seperti apa yang dimakan di tempat asal sapi-sapi tersebut, yaitu NTT.

Kini, semakin mendekati Hari Raya Iduladha Burhan berharap, peternakannya bisa memberikan peran terbaik bagi penyediaan hewan kurban Global Qurban - ACT. Perawatan pun akan dilakukan sebaik mungkin agar saat disembelih hewan kurban tetap sehat sesuai dengan syariat.[]


Bagikan