Pontianak dan Kubu Raya Kembali Dikepung Asap

Aksi Cepat Tanggap Kalbar bersama Masyarakat Relawan Indonesia Pontianak langsung bergerak ke lokasi kebakaran hutan. Walaupun tidak ikut memadamkan api secara langsung, tim relawan membagikan sejumlah makanan siap santap untuk relawan Masyarakat Peduli Api.

Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Barat turut membagikan sejumlah makanan siap santap untuk relawan Masyarakat Peduli Api
Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Barat turut membagikan sejumlah makanan siap santap untuk relawan Masyarakat Peduli Api. (ACTNews)

ACTNews, KUBU RAYA – Setelah beberapa waktu lalu dilanda musibah banjir di sekitar wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia. Kini sebagian warga Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya kembali tertimpa musibah kebakaran hutan dan lahan. Musibah ini kerap kali menjadi ancaman musiman, sebab secara wilayah, Kota Pontianak berada di atas garis lintang khatulistiwa, ditambah hujan yang tidak turun selama sepekan.

Menyikapi situasi tersebut, Aksi Cepat Tanggap Kalbar bersama Masyarakat Relawan Indonesia Pontianak langsung bergerak ke lokasi kebakaran hutan dan lahan di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Walaupun tidak ikut memadamkan api secara langsung, tim relawan membagikan sejumlah makanan siap santap untuk relawan Masyarakat Peduli Api yang sudah bertugas secara sukarela sejak titik api muncul di daerah ini, Rabu (18/2/2021).

"Sudah delapan hari saya memadamkan api. Lokasi ini dekat dengan SMAN 4 Sungai Raya, sebab itu, kami fokus memadamkan api yang ada di sekitar sekolah,” cerita Waluyo, salah satu  Masyarakat Peduli Api yang ditemui ACT Kalbar.

Waluyo menambahkan, saat ini kendala yang dihadapi tim berupa angin kencang, sehingga menyulitkan tim memadamkan api. Warga pun berjaga 24 jam di lokasi karena khawatir ada titik api yang membesar tiba-tiba.

Ungkapan terima kasih di sampaikan juga Sardi selaku Babinsa Desa Limbung atas kepedulian para sahabat dermawan dan tim yang bertugas mengantar makanan siap santap ke lokasi kebakaran lahan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah peduli kepada kami,” kata Sardi.

Koordinator Program ACT Kalimantan Barat Nircho Dwi Anggoro juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Sahabat Dermawan melalui doa dan donasi terbaik. “Kami juga mengajak Sahabat Dermawan untuk ikut peduli melalui program Operasi Makan Gratis ini. Insyaallah, sedikit yang kita keluarkan, sangat bermakna bagi mereka yang mendapat manfaatnya. Salurkan kepedulian terbaikmu melalui laman Indonesia Dermawan atau melalui rekening donasi atas nama Aksi Cepat Tanggap BNI Syariah 66 00000 812,” pungkas Nircho.[]