Posko Logistik ACT Lombok Tampung 150 Ton Bantuan Kemanusiaan

Posko Logistik ACT Lombok Tampung 150 Ton Bantuan Kemanusiaan

ACTNews, MATARAM - Ikhtiar terus dikerahkan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam membantu korban gempa Lombok. Dengan gerak cepat, ACT telah dan terus mendistribusikan berbagai bantuan sejak gempa  6,4 SR Lombok yang terjadi pertama kali pada Ahad (29/7). Tak hanya mengirim relawan dan tim medis, ACT juga membawa bantuan dari masyarakat di daerah-daerah menggunakan truk-truk yang langsung menuju posko logistik di Lombok.

Sampai Selasa (14/8), sudah terdapat sekitar 150 ton bantuan kemanusiaan yang telah ditampung di posko logistik ACT di Lombok. Bantuan logistik ini berasal dari beberapa institusi sekaligus masyarakat di sejumlah wilayah di Pulau Jawa, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Gudang logistik yang digunakan merupakan Distribution Center (DC) milik PT. Hydro Perdana Retailindo, perusahaan wakaf di bawah Global Wakaf Corporation (GWC), yang berlokasi di Lombok. DC tersebut biasanya digunakan untuk keperluan Minimarket Sadaqo dan Zohrimart yang ada di Lombok. Namun, di momen bencana gempa ini, PT. Hydro bekerja sama dengan ACT menjadikan DC sebagai pusat bantuan logistik bagi korban gempa Lombok.

Sekitar 120 ton bantuan yang telah dihimpun datang melalui truk-truk dari berbagai wilayah di Jawa. Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian langsung masyarakat Indonesia yang ada di daerah-daerah yang disalurkan melalui ACT. Bantuan tersebut kemudian dibawa langsung oleh truk-truk yang dikirim langsung ke posko logistik ACT di Lombok.

“Bantuan hampir 125 ton ini berupa beras, minyak, air mineral, mie instan, dan makanan-makanan kaleng lainnya. Selain itu juga terdapat selimut, tikar dan kebutuhan sandang dan pangan untuk para pengungsi,” tutur Yuri, salah seorang penanggungjawab di Posko Logistik ACT.

Sementara itu, sekira 25 ton sisanya berasal dari korporasi. Yuri menjelaskan, bantuan tersebut datang dari PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics Group), badan usaha penyedia jasa pengiriman barang PT ABM Investama Tbk. yang bergerak di bidang logistik ekspor impor khusus untuk tambang. CKB menyalurkan bantuan dengan menggunakan 1 truk tronton dan 1 truk Fuso yang langsung dikirimkan ke pusat logistik ACT di Lombok pada Senin (13/8) malam. 

“Bantuan yang ada di dalam tronton dan Fuso sekitar 25 ton. Ini isinya berupa kebutuhan pokok untuk korban gempa Lombok seperti beras, pampers, tisu, obat-obatan, alat makanan, mie instan dan kebutuhan lainnya yang dibutuhkan oleh korban gempa,” ujar Zulkarnain selaku perwakilan dari ABM Group.

Bantuan ACT terhadap korban gempa Lombak tidak berhenti sampai di situ, pada 17 Agustus tepat pada hari raya kemerdekaan Indonesia yang ke-73, ACT bersama TNI AL akan mengirimkan Kapal Kemanusiaan Lombok. Kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok tersebut akan membawa 1.000 ton bantuan kemanusiaan untuk Lombok. []

Tag

Belum ada tag sama sekali