Program Al-Lail Bahagiakan Pedagangan Takjil Sekitar Kota Balikpapan

Lewat program Aksi Larisin Pedagang Takjil (Al-Lail), Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur memborong dagangan para pedagang takjil di sekitar Kota Balikpapan.

larisin pedagang takjil
Program Al-Lail adalah perkembangan dari program Aksi Kamis Dagangan Habis (AKIDAH) yang sebelumnya juga memborong dagangan UMKM yang membutuhkan. (ACTNews/Dimas)

ACTNews, BALIKPAPAN – Setiap tahun, makanan kecil yang biasa kita sebut sebagai takjil ikut meramaikan bulan Ramadan. Terutama ketika menjelang berbuka puasa. Sebagaimana berdagang, ada lapak takjil yang begitu diminati, dan ada juga yang belum ramai pelanggan.

Salah satu keberkahan bulan Ramadan ini adalah memberi manfaat bagi mereka para pelaku usaha rumahan. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur mendorong kebermanfaatan ini melalui program Aksi Larisin Penjual Takjil (Al-Lail) di sekitar Kota Balikpapan pada Selasa (5/4/2022).

Pedagang tersebut yakni Jari, seorang pedagang bubur kacang hijau pikulan yang baru berjualan selama empat bulan. Jari memiliki tanggungan yakni satu orang anak dan istri. Ia merasa senang dengan kehadiran program Al-Lail ini.


“Alhamdullillah di awal ramadhan ini mendapatkan rezeki dari Allah. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat dan menjadi berkah tersendiri bagi keluarga saya. Terima kasih juga kepada ACT dan donatur yang masih peduli dengan pedagang kecil seperti kami,” ucap Jari.

Selain melariskan dagangan Jari, ACT juga membeli dagangan Zaenal Abidin, seorang penjual es campur dan es dawet. Zaenal telah berjualan selama kurang lebih lima belas tahun. Bulan Ramadan ini menjadi kesempatan untuk berjualan lebih

Program Al-Lail adalah perkembangan dari program Aksi Kamis Dagangan Habis (AKIDAH) yang sebelumnya juga memborong dagangan UMKM yang membutuhkan. “Semoga dengan kami melariskan dagangan Pak Jari dan Pak Zaenal, semakin banyak Sahabat Dermawan yang terketuk untuk sama-sama melariskan pedagang takjil lainnya selama bulan Ramadan ini,” ucap Budi Cahyanto dari Tim Program Global Wakaf-ACT Kalimantan Timur. []