Program Berbagi Iftar Meluaskan Manfaat

Kehadiran kegiatan berbagi iftar di Muara Angke memberikan manfaat bagi banyak orang, tidak hanya bagi yang mengkonsumsi iftar, tapi juga para pedagang dan nelayan yang menjual bahan-bahan makanan.

berbagi iftar angke
Warga Muara Angke menerima paket iftar dari para dermawan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA UTARA — Paket makanan berbuka puasa atau iftar dari para dermawan terus dirasakan banyak kalangan masyarakat yang membutuhkan. Bahkan manfaat program iftar tak hanya dirasakan oleh yang menerima, namun juga oleh pedagang dan penyedia bahan-bahan makanan. 

Seperti yang terjadi pada kegiatan berbagi iftar di Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022). Ketua Asosiasi Pedagang Ikan Muara Angke Dede mengatakan, kegiatan berbagi iftar berdampak positif bagi nelayan dan pedagang di Muara Angke. 

"Program ini sangat bermanfaat bagi nelayan dan pedagang di sini. Karena bahan-bahan untuk iftar dibeli dari pedagang dan nelayan di Muara Angke. Jadi kami menyediakan bahan-bahan untuk lauk pauknya, beras dari ACT lalu dimasak di dapur bus," kata Dede. 

Harun Basalamah dari tim ACT Jakarta Utara menjelaskan, paket berbagi iftar dari para dermawan diselenggarakan ACT setiap hari selama Ramadan di berbagai wilayah. Para penerima manfaat merupakan warga yang membutuhkan seperti pekerja harian, tukang becak, lansia prasejahtera, tunawisma, nelayan, anak yatim, santri, dan pemulung. 

Harun melanjutkan, berbagai iftar di Muara Angke turut menghadirkan Humanity Food Bus. Sebanyak 500 porsi makanan berbuka puasa dibagikan kepada warga dan nelayan di pemukiman padat penduduk tersebut. 

"Warga sangat bahagia menerima paket iftar dari para dermawan. Semoga ini menjadi inspirasi yang dapat menggerakkan kedermawanan di wilayah lain," jelasnya.[]