Program Berkisah Bangkitkan Kepedulian Lingkungan Sejak Dini

Melalui program “Berkisah”, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Istiqamah Balikpapan bersama ACT Kalimantan Timur memberikan edukasi dengan dongeng bertemakan tema ‘Air Bersih untuk Saudaraku’ pada Jumat (13/11). Acara ini juga disemarakkan dengan penggalangan donasi yang akan disalurkan untuk program Sumur Wakaf dari Global Wakaf - ACT.

Program Berkisah Bangkitkan Kepedulian Lingkungan Sejak Dini' photo
Kak Bimo sedang berkisah tentang ' Air Bersih untuk Saudaraku'. (ACTNews/Afif)

ACTNews, BALIKPAPAN – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Istiqamah Balikpapan menggelar kegiatan amal melalui program “Berkisah” bersama ACT Kalimantan Timur. "Berkisah" merupakan sebuah program pembelajaran anak usia dini yang dilakukan dengan bercerita atau mendongeng, dengan dipandu oleh Kak Bimo selaku pengisah pada Jumat (13/11). Tema yang dibawakan adalah "Air Bersih untuk Saudaraku".

Kegiatan pada ini diharapkan mampu melatih kepekaan anak-anak terhadap lingkungan dan menauladani sahabat Rassullullah. Tuti Al Hikmah, S.Ip selaku Guru SDIT Istiqamah Balikpapan mengucapkan syukurnya atas adanya acara ini.

“Alhamdullillah hari ini kita bisa berkumpul lagi bersama, yang telah difasilitasi oleh ACT Kalimantan Timur. Dan juga kami mengucapkan terima kasih kepada Kak Bimo yang memberikan kisah dengan tema ‘Air Bersih untuk Saudaraku’ yang bermanfaat sebagai motivasi baru untuk meneladani sahabat Rasullullah. Ini merupakan program yang baik untuk murid-murid. Karena selain dapat mengenal nilai-nilai kebaikan, para murid dapat langsung berinteraksi dengan pendongengnya secara virtual”, ujarnya.


Program "Berkisah" nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan donasi yang akan disalurkan melalui ACT Kalimantan Timur. Hasil dari donasi insyaallah akan digunakan untuk implementasi Sumur Wakaf. Imron dari Tim Kemitraan ACT Kalimantan Timur program tersebut diharapkan dapat menginspirasi generasi selanjutnya untuk peduli terhadap lingkungan disertai nilai-nilai moral sejak dini.

Ia juga berharap kegiatan baik seperti ini agar sering dilakukan untuk menanamkan rasa simpati, empati dan mendukung terbentuknya karakter anak yang berakhlak mulia. Dalam kesempatan itu, ia juga turut mengajak para dermawan untuk senantiasa mendukung aksi-aksi ACT dalam kemanusiaan, termasuk menyalurkan air bersih itu sendiri.

“Selain edukasi, kami memiliki beberapa program. Di antaranya melalui program Sumur Wakaf yang dapat dibangun para dermawan melalui laman Indonesia Dermawan atau transfer ke rekening BNI Syariah di nomor 66 00000 313 atas nama Yayasan Global Wakaf. Semoga melalui kegiatan ini, kita bisa menebar maslahat kepada sesama,” kata Imron. []