Protes Damai Palestina Dibalas Bom oleh Zionis Israel

Angkatan bersenjata Israel kembali menembakkan misil ke beberapa area di Gaza. Sejumlah bangunan rusak dan terbakar. Lahan pertanian di Beit Hanoun juga dilaporkan hancur karena serangan tersebut.

serangan israel ke gaza
Ilustrasi. Israel kembali menembakkan misil ke wilayah Gaza. (Reuters/Mohammed Salem)

ACTNews, GAZA – Protes damai yang dilakukan warga Palestina di Gaza, mendapat balasan serangan bom dari pesawat tempur Israel pada Ahad (29/8/2021). Jet tempur Israel menembakkan empat misil ke dua lokasi berbeda di Gaza. Kerusakan hebat dan kebakaran terjadi pada bangunan di wilayah terdampak.

Dua lokasi tersebut adalah Jalan Shuhada di selatan Kota Gaza dan Kota Beit Hanoun di Gaza Utara.Tidak ada korban jiwa dalam serangan yang dilakukan di malam hari tersebut. Namun, sebuah lahan pertanian di Beit Hanoun dilaporkan hancur karena serangan tersebut.

Serangan itu terjadi setelah tindakan keras Israel terhadap ratusan warga Palestina yang berdemonstrasi di dekat pagar pembatas Israel yang mengelilingi Jalur Gaza pada Sabtu malam. Warga Palestina memperotes blokade yang telah dilakukan Israel selama 14 tahun, dan meminta agar aturan tersebut dilonggarkan.

Kementerian Palestina menyatakan 14 warga terluka dalam serangan tersebut. Angkatan bersenjata Israel dilaporkan tidak hanya menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa, namun juga menembakkan peluru tajam.

Sehari sebelumnya, Sabtu, warga Gaza melakukan pemakaman untuk Omar Hassan Abu al-Neil, seorang anak 12 tahun yang meninggal usai ditembak peluru tajam oleh angkatan bersenjata Israel pada aksi demonstrasi pekan lalu.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT turut menyampaikan keprihatinan atas kejadian tersebut. Ia menjelaskan, warga Palestina saat ini sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan. Blokade bertahun-tahun telah menghancurkan perekonomian warganya. Serangan baru-baru ini pun membuat kondisi Gaza makin kritis.

"Kami mengajak Sahabat Dermawan untuk bisa memberikan bantuan terbaiknya kepada warga Palestina di Gaza. Bantuan kalian akan disalurkan ke berbagai bentuk, salah satunya bantuan medis, yang mana saat ini sangat dibutuhkan," ajak Firdaus.[]