PT Paragon Gandeng ACT Bali Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Nusa Penida

Merespons banjir bandang yang menerjang Nusa Penida, PT Paragon Technology and Innovation bersama ACT Bali mendistribusikan kedermawanan untuk warga terdampak.

act bali
Distribusi bantuan untuk warga Nusa Penida dengan latar belakang rumah rusak akibat banjir bandang. (ACTNews)

ACTNews, KLUNGKUNG Banjir bandang yang menerjang Nusa Penida beberapa waktu lalu, tepatnya 13 Desember 2021 dini hari, mengakibatkan sejumlah rumah, kendaraan, dan fasilitas umum lainnya mengalami kerusakan. Bahkan tempat wisata seperti Crystal Bay Beach yang berada di Desa Sakti juga terkena imbas. Banjir diduga dipicu hujan lebat yang cukup lama disertai angin kencang.

Dalam bencana ini, material lumpur, batu hingga kayu, ikut terbawa dari perbukitan dan menerjang permukiman yang ada di sekitar. Tercatat enam desa terdampak, yaitu Suana, Kutampi, Batununggul, Ped, Batumadeg, Sakti, dan Lembongan. Di antara wilayah terdampak Desa Ped mengalami dampak terparah, banyak rumah dan jalan utama tergerus deras banjir.

Merespons bencana sekaligus bentuk kepedulian terhadap sesama, PT Paragon Technology and Innovation bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Bali menyalurkan bantuan. Distribusi kepedulian berupa bahan pangan dan uang tunai tersebut didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia untuk warta terdampak, khususnya lansia, pada Sabtu (15/1/2022).

“Kolaborasi ini menjadi wujud nyata kepedulian, semoga bisa meringankan beban penyintas bencana di Nusa Penida,” ungkap Kepala Cabang ACT Bali Faiz Rizqon Maulana.

Kini, berdasarkan pantauan tim ACT dan relawan MRI, di wilayah Nusa Penida yang terdampak banjir, masih banyak ditemui puing bangunan yang berserakan di pinggir pantai. Rumah-rumah yang rusak berat dan jalan yang ambles pun belum seluruhnya diperbaiki.

Warga pun menyambut baik hadirnya kedermawanan. Ucapan terima kasih terlantun dari mereka.

“Terima kasih untuk bantuan kepada korban banjir Nusa Penida,” ungkap salah satu warga.[]