PT PHSS dan ACT Distribusikan APD untuk Fasilitas Kesehatan di Kutai Kartanegara

PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) bekerja sama dengan ACT Kalimantan Timur mendistribusikan ratusan APD secara berkala sejak 13-20 April ke sejumlah puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kutai Kartanegara.

PT PHSS dan ACT Distribusikan APD untuk Fasilitas Kesehatan di Kutai Kartanegara. (ACTNews)

ACTNews, KUTAI – PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Timur mendistribusikan ratusan APD secara berkala sejak 13-20 April ke sejumlah puskesmas dan rumah sakit di wilayah Kutai Kartanegara. Program ini menjawab laporan berbagai pihak rumah sakit dan puskesmas yang mengalami kekurangan perlengkapan medis, termasuk alat pelindung diri (APD).

Penyerahan bantuan APD tahap pertama dilakukan Rabu (13/4) di Samboja kepada RS Aji Batara Samboja. Penyerahan itu dihadiri langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, tim partnership ACT Kaltim Budi Cahyanto, Camat Samboja Akhmad Nurkhalish, Ispiandi dan Abdul Raji dari PHSS, perwakilan puskesmas Samboja.

Selain di RS Aji Batara Samboja, Senin (20/4), bantuan APD didistribusikan RS AM Parikesit Tenggarong. Bantuan diterima langsung Wakil Direktur Umum dan Keuangan Rumah Sakit Umum AM Parikesit dr. Ibnoe Sudrajat, Sp. S.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pertamina Hulu Sanga Sanga dan ACT yang telah memberikan bantuan APD ini, bantuan ini sangat berguna bagi teman-teman medis yang sedang menangani kasus Covid-19,” kata Ibnoe.

Manajer Legal and Relations PHSS Taufani Evandri mengatakan, bantuan paket APD kepada tenaga kesehatan merupakan bentuk kepedulian PHSS dalam mencegah penyebaran Covid-19. “Semoga dengan kepeduliaan ini bisa menambah rasa sosial di antara sesama dan menumbuhkan semangat kepada tenaga kesehatan yang sedang bertugas,” ujar Taufani.

Total bantuan paket APD yang telah didistribusikan kepada Puskesmas Samboja, Puskesmas Muara Jawa, Puskesmas Muara Badak, Puskesmas Marangkayu, RS AM Parikesit Tenggarong, RS Aji Batara Samboja, adalah 10.000 masker, 5.000 sarung tangan medis, 100 baju hazmat, 100 paket suplemen kesehatan berupa madu dan vitamin), dan 50 kacamata pelindung.

Selain melakukan pendistribusian APD ke rumah sakit dan puskesmas di Kutai Kartanegara, ACT Kaltim juga telah membagikan ratusan masker dan pakaian hazmat untuk pahlawan medis Covid-19 serta para pejuang nafkah di jalanan seperti pengemudi ojek daring, sopir angkot, penyapu jalanan, hingga penjual keliling. 

Budi Cahyanto dari Tim Kemitraan ACT Kaltim mengatakan, setelah pendistribusian APD ke sejumlah rumah sakit Rujukan Covid-19 di Balikpapan dan Samarinda, kali ini PHSS dan ACT berusaha menjangkau rumah sakit dan puskesmas di Kalimantan Timur.

“Di Kalimantan Timur masih jarang rumah sakit yang belum mendapatkan bantuan logistik perlengkapan medis. Kami berharap, bantuan APD bisa terus meluas dan menjangkau lebih banyak titik lagi yang memang membutuhkan,” kata Budi.[]