Pulihkan Gaza dengan Puluhan Aksi Kedermawanan

Hingga akhir Agustus, ACT bersama para dermawan telah menggaungkan puluhan aksi kemanusiaan untuk memulihkan kondisi Palestina.

indonesia bantu palestina
Ilustrasi. Puluhan program kemanusiaan telah ACT lakukan untuk memulihkan kondisi Palestina. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Aksi Cepat Tanggap secara berkala menyalurkan bantuan Sahabat Dermawan untuk warga Palestina. Ratusan program bantuan kemanusiaan digaungkan ACT untuk membantu warga Palestina bangkit pascaserangan Israel Mei lalu.

Dalam periode 1 Mei-27 Agustus 2021, sebanyak 380.461 warga Palestina menerima manfaat dari aksi kedermawanan ini.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT mengatakan, bidang kesehatan dan pangan mendominasi aksi kemanusiaan di Palestina. Untuk kesehatan, bantuan medis dari ambulans dan klinik Indonesia telah menjangkau lebih dari 66 ribu warga Gaza. Mereka yang sakit telah mendapat perawatan dan obat gratis dari bantuan ini.

"Sementara di bidang pangan, ACT telah membagikan makanan siap saji maupun bahan-bahan makanan, seperti beras, gula, minyak, hingga daging-dagingan kaleng kita berikan melalui Indonesia Humanitarian Center. Sudah ratusan ton yang dibagikan sejauh ini. Sedangkan untuk makanan siap santap, kita bagikan melalui Humanity Food Truck dan Dapur Umum Indonesia di Gaza," ujar Said, Ahad (29/8/2021).


Rekap aksi bantuan ACT ke Palestina periode 1 Mei-27 Agustus 2021. (ACTNews)

Selain bantuan kemanusiaan yang didukung sedekah masyarakat Indonesia, ACT melalui Global Wakaf juga menghadirkan berbagai program wakaf dari pewakif Indonesia, mencakup Sumur Wakaf, Wakaf Kapal Ikan, hingga Wakaf Modal Usaha.

Saat ini juga dua mega proyek wakaf tengah dikerjakan, yaitu Rumah Wakaf Palestina dan Lumbung Air. Diperkirakan, dua proyek tersebut akan rampung dalam beberapa bulan ke depan.

"Adanya program-program wakaf ini disiapkan untuk membantu warga Palestina secara berkelanjutan dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari. Wakaf berperan penting dalam berbagai sektor kehidupan warga Palestina,” jelas Said.

Said menambahkan, memasuki bulan September nanti, ACT akan terus memaksimalkan berbagai program kemanusiaan untuk terus menebar kebaikan ke setiap penjuru Palestina. Untuk itu, ia mengajak seluruh Sahabat Dermawan agar bisa terus berikhtiar dan terlibat aktif menuai kebaikan bersama.[]