Puluhan Bangunan dan Ternak Terseret Banjir Lumpur di Mamasa

Banyak warga yang tidak bisa menyelamatkan harta benda sebab banjir disertai lumpur datang secara tiba-tiba.

banjir di mamasa
Banjir disertai lumpur menerjang Desa Burana, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat (ACTNews).

ACTNews, MAMASA Puluhan rumah di Desa Burana, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, rusak terseret arus banjir dan tanah longsor. Bencana tersebut juga mengakibatkan puluhan ternak milik warga hanyut terbawa arus.

"Ada sekitar 469 warga terdampak banjir dan tanah longsor. Sementara 102 warga mengungsi ke kantor desa dan ke rumah-rumah warga yang aman," kata Tim Program ACT Mamuju, Ade Putra, saat dihubungi, Senin (6/9/2021).

Ade melanjutkan, akibat banjir dan longsor, tiga unit jembatan penghubung rusak parah 65 rumah rusak berat, dan dua rumah rusak ringan. Adapun sepanjang 300 meter jalan penghubung Desa Burana dan Desa Pangandaran tertimbun longsor.

Sementara Kepala Desa Burana, Mittim mengatakan, banyak warga yang tidak bisa menyelamatkan harta benda sebab banjir disertai lumpur datang secara tiba-tiba. Selain rumah, banjir bandang juga menyebabkan sawah-sawah rusak. "Warga berhasil menyelamatkan diri sebelum rumah-rumah mereka terbawa banjir bercampur lumpur," ucapnya.

Mittim mengungkapkan hujan turun dengan intensitas tinggi. Tidak butuh waktu lama, banjir disertai lumpur langsung menerjang rumah warga.[]