Puluhan Guru Honorer di Banten Silaturahmi Sambut Ramadan

Kegiatan bertajuk ‘Tarhib Ramadhan Forum SGI Banten’ ini dilaksanakan di SMA Bina Putera Kopo di Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang pada Sabtu (10/4/2021).

Guru honorer penerima bantuan pangan dan biaya hidup program Sahabat Guru Indonesia. (ACTNews)

ACTNews, BANTEN – Kehadiran Ramadan disambut masyarakat Indonesia dengan beragam kegiatan. Guru-guru yang tergabung dalam forum Sahabat Guru Indonesia (SGI) Provinsi Banten memilih menyambut bulan suci tersebut dengan menggelar kegiatan silaturahmi antarguru di Kecamatan Kopo.

Kegiatan yang dinamakan ‘Tarhib Ramadhan Forum SGI Banten’ ini dilaksanakan di SMA Bina Putera Kopo di Desa Garut, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang pada Sabtu (10/4/2021). Kegiatan ini dihadiri puluhan guru honorer yang merupakan anggota Forum SGI ataupun yang bukan anggota. 

"Kita mengadakan pertemuan rutin antaranggota SGI. Karena momennya berdekatan dengan masuknya bulan Ramadan, kami berinisiatif untuk membuatnya menjadi acara Tarhib Ramadan," ujar Wawan selaku Ketua Koordinator SGI Banten.

Selain bersilaturahmi, Tarhib Ramadhan juga diisi dengan pembagian bantuan biaya hidup serta paket pangan kepada 50 guru honorer, baik yang merupakan anggota forum SGI ataupun yang bukan anggota. Umroni, salah satu guru MI Matlahul Anwar, merasa bersyukur atas bantuan ini.

"Alhamdulillah untuk kesekian kalinya kami mewakili guru-guru anggota SGI dan sekolah MI Matlahul Anwar mengucapkan terima kasih kepada tim Global Zakat-ACT, dan para donatur yang sudah peduli kepada para guru honorer. Semoga selalu diberi kesehatan dan program ini semakin berkah," ujar Umroni.

Dalam acara ini, para anggota forum SGI juga menyepakati untuk menunaikan zakat fitrah melalui Global Zakat-ACT untuk mendukung program-program Global Zakat. Selain itu, mereka juga membawa celengan untuk membiasakan gerakan sedekah harian yang akan disalurkan untuk aksi-aksi kemanusiaan. []