Puluhan Guru Prasejahtera di Sumbar Turut Terima Bantuan Beaguru

Luasnya manfaat program Sahabat Guru Indonesia juga dirasakan puluhan guru prasejahtera di Sumatra Barat.

Salah satu guru di Padang yang menerima bantuan biaya hidup dari Global Zakat-ACT. (ACTNews)

ACTNews, PADANG - Berikhtiar menyejahterakan guru yang paling membutuhkan, Global Zakat-ACT Sumatra Barat senantiasa memberikan bantuan biaya hidup untuk mereka. Bantuan ini diberikan melalui program Sahabat Guru Indonesia (SGI). Di Sumatra Barat, 23 guru prasejahtera telah merasakan manfaat program Sahabat Guru Indonesia sejak diluncurkan pada November 2019 lalu.

Aan Saputra dari Tim Program Global Zakat-ACT Sumbar mengatakan jumlah tersebut akan terus bertambah, seiring dengan kebaikan dermawan yang terus mengalir. “Insyaallah Sahabat Guru Indonesia terus menjangkau guru prasejahtera lainnya yang layak mendapatkan bantuan beaguru. Tim kami secara berkala melakukan pendataan dan kerja sama dengan pihak pemerintah, sekolah, pesantren, komunitas dan instansi terkait untuk menyebarluaskan manfaat program ini,” Jelas Aan, Rabu (15/1).

Adapun kriteria guru yang menerima manfaat dari program ini adalah mereka yang berpenghasilan di bawah Rp1 juta (termasuk guru honorer dan guru tahfiz), berasal dari wilayah prasejahtera, dan memiliki dedikasi mengajar yang tinggi untuk siswa-siswanya. Salah satu guru yang menjadi penerima manfaat dari program ini adalah Refdawati.  Ia adalah guru honorer di sekolah swasta yang ada di Kota Padang.

“Alhamdulillah saya sangat berterima kasih dengan Global Zakat-ACT Sumbar atas bantuan biaya hidup ini. Program ini sangat berarti bagi kami yang berpenghasilan jauh dari UMR.  Bahkan saya sudah 10 tahun mengajar di sini. Saya berharap program ACT ini terus eksis dan didukung oleh banyak dermawan karena saya yakin masih banyak orang yang senasib dengan kami bahkan lebih yang juga butuh apresiasi seperti ini,” ungkap Refdawati. []