Puluhan Keluarga Prasejahtera di Banyuasin Terbebas dari Krisis Air Bersih

Global Wakaf - ACT Sumatra Selatan menghadirkan Sumur Wakaf Keluarga untuk 26 keluarga prasejahtera di Desa Sri Kembang.

Puluhan Keluarga Prasejahtera di Banyuasin Terbebas dari Krisis Air Bersih' photo
Warga Desa Sri Kembang, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, kini dapat mengambil air bersih dari Sumur Wakaf Keluarga yang dibangun di rumah mereka. (ACTNews/Aditya Marsello)

ACTNews, BANYUASIN - Sepanjang tahun, krisis air bersih masih menjadi permasalahan di berbagai wilayah tanah air. Masalah ini kian parah terjadi kala musim kemarau tiba. Sumber air mengering di sejumlah wilayah. Akibatnya, ribuan keluarga di berbagai daerah di Indonesia kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih, tak terkecuali masyarakat di Desa Sri Kembang, Kabupaten Banyuasin.

Selama ini, sumber air yang digunakan oleh warga di Desa Sri Kembang berasal dari tadahan air hujan dan air yang berasal dari sungai di desa tersebut. Ketika musim kemarau tiba, sumber air bersih pun sulit didapatkan oleh para warga, sehingga mereka harus mengambil air dari rawa-rawa yang jarak tempuhnya mencapai 3 kilometer dari perumahan penduduk.

Kini, warga RT 9 di Dusun 3 Tabuna, Desa Sri Kembang, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan terbebas dari krisis air bersih. Global Wakaf - ACT Sumatra Selatan menghadirkan Sumur Wakaf Keluarga untuk 26 keluarga prasejahtera di Desa Sri Kembang.

Rita Sahara (32), warga Desa Sri Kembang, mengungkapkan rasa bahagianya saat tahu Sumur Wakaf rampung dibangun di desa tempat ia tinggal. “Kami senang, tidak jauh-jauh lagi mengambil air setelah ada sumur ini. Kami ucapkan terima kasih banyak kepada ACT karena telah buatkan sumur untuk kami,” Jumat (7/2).

Sementara itu Kepala Cabang ACT Sumatra Selatan Deni Marlesi menuturkan, 26 keluarga yang mendapatkan Sumur Wakaf Keluarga adalah warga prasejahtera yang mayoritas berprofesi sebagai petani karet.

“Alhamdulillah, hari ini kita telah meresmikan 26 Sumur Wakaf Keluarga untuk 26 kepala keluarga di desa Sri Kembang ini. Semua ini merupakan hasil kedermawanan wakif yang dihimpun melalui Global Wakaf - ACT Sumsel. Target kami adalah membangun ratusan Sumur Wakaf Keluarga untuk para keluarga sejahtera di Sumatra Selatan. Hal ini mengingat masih banyak keluarga yang kurang mampu memenuhi kebutuhan air bersih mereka. Untuk itu, kami mengajak lebih banyak dermawan, mewakafkan hartanya bagi kebahagiaan dunia dan akhirat,” jelas Deni.

Ia menambahkan, bagi dermawan yang ingin berwakaf melalui Global Wakaf, dapat disalurkan melalui rekening BNI Syariah # 66 0000 940 atas nama Global Wakaf. []


Bagikan