Puluhan Relawan di Sumut Siaga Hadapi Kemungkinan Bencana Hidrologi

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatra Utara mengadakan Apel Kesiapsiagaan Hadapi Potensi Bencana Tahun 2020-2021 pada Rabu (17/12). Apel bertujuan untuk mengajak seluruh relawan mulai saat ini hingga seterusnya selalu siap siaga. Karena bencana selama musim pancaroba sangat ekstrem, sehingga tidak dapat diprediksi.

MRI dan Tim Emergency Response ACT Sumatra Utara sedang mengikuti Apel. (ACTNews)

ACTNews, MEDAN – Sebanyak 30 relawan berkumpul di Taman Cadika Medan Johor, Rabu (16/12). Para relawan yang tergabung di dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Sumatra Utara itu sudah menyusun barisan sejak pagi, tanda akan diadakannya kegiatan apel pada Rabu (17/12) itu. Apel kali ini mengusung tema Kesiapsiagaan Hadapi Potensi Bencana Tahun 2020-2021.

Tampak beberapa perwakilan dari berbagai Kordinator Relawan (Korda) terdekat dengan Medan, hadir di lokasi. Seperti Korda MRI Langkat, MRI Binjai, dan MRI Deliserdang. Sakti Wibowo dari Tim Program ACT Sumatra Utara, selaku Pembina Apel, mengajak seluruh relawan mulai saat ini hingga seterusnya selalu siap siaga. Hal ini mengingat bencana selama musim pancaroba sangat ekstrem, sehingga tidak dapat diprediksi.

“Untuk itu kita mencoba memberikan edukasi kepada relawan untuk siap siaga bencana. Sebagai relawan siaga bencana yang memahami bagaimana menangani bencana, harus mengedukasi masyarakat agar mereka paham bagaimana cara menyelamatkan diri,” ungkap Sakti. Hal ini sangat bermanfaat ke depannya demi meminimalisir jumlah korban saat bencana.

Setelah apel usai, relawan pun melanjutkan kegiatan dengan simulasi kesiapsiagaan. Di simulasi ini juga relawan diberikan edukasi mengenal perlengkapan penyelamatan dalam air (water rescue) dan bagaimana cara menggunakannya. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan mitigasi bencana dengan materi water rescue di danau buatan Taman Cadika Medan.

Untuk menunjang kesiapsiagaan ini, Sakti juga mengajak para dermawan untuk menyalurkan sedekah terbaiknya. “Melalui kedermawanan masyarakat, kita dapat siap kapanpun ketika bencana datang.  Bantuan dapat disalurkan melalui BNI Syariah di nomor 66 00000 21 atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap, atau melalui laman Indonesia Dermawan,” pungkas Sakti. []