Puluhan Ribu Warga Gaza Nikmati Bantuan Medis dari Ambulans Dermawan

Lebih dari 26 ribu warga Gaza telah mendapatkan layanan medis dari ambulans dermawan selama empat bulan terakhir.

ambulans indonesia di palestina
Ambulans dermawan telah memberikan bantuan medis untuk ribuan warga Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Empat bulan terakhir, lebih dari 26 ribu warga Palestina di Gaza telah mendapatkan bantuan medis dari ambulans dermawan. Jumlah penerima manfaat pun bertambah, karena setiap hari ambulans pemberian dermawan di Indonesia terus beroperasi.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, hampir setiap hari terjadi serangan di Gaza yang menyebabkan banyak warganya terluka. Sehingga, ketersediaan ambulans menjadi sangat penting untuk bisa memberikan pertolongan pertama kepada para korban.

“Dengan ambulans, kita bisa langsung membawa para pasien ke rumah sakit terdekat agar bisa mendapat perawatan untuk menyelamatkan nyawanya,” ujar Said, Rabu(1/9/2021).

Lebih lanjut, Said menuturkan, selain memberikan bantuan untuk korban luka yang terkena serangan, ambulans ini juga memberikan perawatan kepada warga Gaza yang menderita berbagai penyakit. 

“Selama ini, mereka kesulitan memenuhi kebutuhan pangan dan akses kesehatan yang layak. Mereka tidak memiliki biaya untuk membawa anggota keluarganya yang sakit untuk ke dokter dan membeli obat,” jelas Said.

Sejauh ini, sudah ada 11 Ambulans Dermawan di Gaza. Said mengatakan, jumlahnya akan bertambah pada tahun ini. Ambulans akan beroperasi ke lima kegubernuran di Gaza. Dalam satu bulan, per ambulans bisa memberikan layanan medis untuk 1.050 pasien.

Ambulans yang dihadirkan nantinya akan bertipe pre-hospital dengan pelengkapan medis penunjang di dalam kabin. Ambulans prehospital diharapkan bisa membantu paramedis melakukan CPR (resusitasi jantung paru), penggunaan AED (defibrillator eksternal otomatis), dan perawatan awal pascaresusitasi.

"Di dalam ambulans ada kabinet untuk penyimpanan obat dan peralatan medis. Peralatan lain yang akan terdapat di ambulans adalah monitor tanda vital, kotak pertolongan pertama, alat resusitasi, dan kursi dokter," pungkas Said.[]