Puluhan Tahun Berdagang, Eros Harapkan Usahanya Bertahan

Selama lebih dari 30 tahun, Eros Rosmiati (57) berdagang berbagai makanan, khususnya kupat tahu. Tetapi di masa pandemi ini, sepinya pembeli menjadi kesulitan tersendiri bagi usaha Eros.

bantuan modal tasikmalaya
Sejak suaminya meninggal pada tahun 2013, Eros menjalankan usaha ini sendiri demi memenuhi kebutuhan keluarganya. (ACTNews/Moch Miftah Fauzi)

ACTNews, TASIKMALAYA – Eros Rosmiyati (57) masih setia berjualan nasi dan kupat tahu. Suka duka berjualan telah ia rasakan semenjak ia muda, kurang lebih sejak 38 tahun lalu. Suaminya yang dahulu membantu, bahkan sudah tiada sejak tahun 2013, sehingga ia menjalankan usaha ini sendiri.

Ketangguhan Eros dalam berdagang sudah terbukti. Dari hasil berjualan ia bisa menghidupi anak, serta ibu kandung yang kini tinggal di rumahnya. Tetapi beda dahulu beda sekarang, stok warung Eros di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya ini, tidak sebanyak sebelumnya.

Ditambah dagangan Eros saat ini juga ikut terdampak pandemi. Saat ini hanya kupat tahu dan sedikit kerupuk yang tersedia di gerobak. “Kalau dulu mah, alhamdulillah rame, kang. Sekarang mah, udah mah yang jualannya banyak, pembelinya sepi karena pandemi juga,” ungkap Eros kepada Tim Global Wakaf-ACT Tasikmalaya pada Senin (27/9/2021) lalu.

Meski begitu ia tetap berikhtiar dengan semangat untuk menekuni satu-satunya mata pencaharian dirinya, “Ibu ingin minta didoain aja biar sehat, biar ibu bisa tetap ikhtiar jualan untuk keluarga ibu yang di rumah,” tambah Eros.


Untuk membantu dan mendukung perjuangan Eros, Global Wakaf-ACT Tasikmalaya membeli seluruh daganganya melalui program Borong Dagangannya Tambahin Modalnya. Tim pada hari itu sekaligus memberikan tambahan modal untuk memperbanyak barang jualan Eros yang sudah menipis.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasih sebab dagangannya di hari itu habis terjual dengan cepat. “Ibu mah cuma bisa ngedoain minta sama Gusti Allah, mudah-mudahan ikhtiar meringankan beban sesamanya dicatat sebagai amal saleh buat semuanya,” ucap Eros.

Makanan yang diborong, kemudian dibagikan secara gratis kepada para pencari nafkah lain yang sedang berjibaku di sekitar tempat Eros berjualan, seperti penarik becak, petugas parkir dan lain sebagainya. Sehingga selain membantu Eros, Aksi Borong Dagangannya Tambahin Modalnya ini dapat memberi manfaat kepada para pedagang di sekitar. []