Ramadan Lalu, Kedermawan Masyarakat Indonesia Mewujud Iftar di Palestina

Kehadiran iftar dari dermawan Indonesia menjadi warna tersendiri bagi masyarakat Palestina. Ribuan menu iftar disampaikan Aksi Cepat Tanggap untuk mereka yang berada di Gaza dan Yerusalem.

Anak-anak mengantre untuk mendapatkan makanan dari Humanity Food Truck ACT menjelang berbuka puasa di Gaza, Palestina. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Kehadiran iftar dari dermawan Indonesia menjadi warna tersendiri bagi masyarakat Palestina. Ribuan menu iftar disampaikan Aksi Cepat Tanggap untuk mereka yang berada di Gaza dan Yerusalem. Bukan hanya dari Dapur Umum Indonesia, makanan juga disajikan dengan dapur berjalan Humanity Food Truck.

Saat itu, dalam sehari 1.850 sajian food Truck menenami masyarakat palestina. Said Mukkafiy dari tim Global Humanity Response-ACT mengatakan, sajian iftar dari Humanity Food Truck ACT di Palestina ini menyasar penerima manfaat dari keluarga prasehtera serta anak yatim. Selain didistribusikan langsung dari jendela truk, makanan berbuka puasa juga diantarkan langsung ke rumah penerima manfaat.

“Dengan bantuan para dermawan Indonesia, kami bisa menghadirkan sajian iftar bergizi. Bantuan pangan bukan menjadi amat berarti bagi masyarakat Palestina, sebab, pada Ramadan tahun lalu, kondisi ekonomi keluarga prasejahtera Palestina untuk membeli makanan bergizi amat sulit,” ujar Said. Kamis (8/4/2021).

Selain bantuan Iftar, ACT juga membagikan pangan gratis untuk warga Palestina melalui Indonesia Humanitarian Center pada Ramadan lalu. Ratusan paket pangan dibagikan ke beberapa wilayah di Jalur Gaza, seperti Kamp Jabaliya, Beit Lahya, Beit Hanoun, dan Desa Om Alnaser. Ratusan keluarga mendapatkan paket ini, mereka adalah keluarga dengan anggota keluarga difabel dan lansia.

“Tahun ini kita akan mengantarkan lagi paket iftar dan pangan untuk warga Palestina. Semoga jumlahnya lebih masif lagi dari tahun lalu,” tambah Said.[]