Ratusan Al-Qur’an Wakaf Hadir di Salah Satu Pesantren Tertua di Desa Kuala Dua

Ratusan Al-Qur’an wakaf didistribusikan kepada para santri Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Kuala Terusan, Kabupaten Kubu Raya, pada Kamis (19/8/2021) lalu. Di tahun ajaran baru, pondok pesantren memang sedang membutuhkan bantuan mushaf Al-Qur'an untuk mendorong proses belajar para santri.

bantuan al-quran
Harapan dengan adanya program Wakaf Al-Qur’an ini, dapat memudahkan para santri dalam menuntut ilmu. (ACTNews)

ACTNews, KUBU RAYA – Global Wakaf-ACT mendistribusikan ratusan Al-Qur’an kepada para santri di Pondok Pesantren Darul Ulum, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Bantuan didistribusikan pada Kamis (19/8/2021) lalu.

“Wakaf Al-Qur’an ini merupakan dana dari para wakif secara kolektif yang kita galang beberapa waktu lalu. Kami berharap dengan program Wakaf Al-Qur’an ini, kita bisa membantu memudahkan para santri dalam menuntut ilmunya,” ungkap Nircho Dwi Anggoro dari Tim Program Global Wakaf-ACT Kalimantan Barat.

Semangat pondok pesantren untuk mendidik para santri terbilang cukup besar. Pondok Pesantren Darul Ulum yang hampir berusia 50 tahun, merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Desa Kuala Dua.


Awal mula pesantren ini berdiri, lingkungan sekitar masih hutan belantara, dengan jumlah santri yang masih puluhan orang saja. Seiring dengan berkembangnya pembangunan jalan, jumlah santri semakin bertambah hingga ratusan orang. Sehingga pondok pesantren terkadang membutuhkan dukungan juga dari masyarakat untuk keperluan belajar para santri.

“Ini baru masuk tahun ajaran baru, dan kami kekurangan mushaf Al-Qur'an. Kami coba upayakan menghubungi saudara-saudara yang bisa bantu untuk pengadaan, namun belum ada yang bisa,” ungkap Ustazah Intan, salah satu pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum.

Hadirnya bantuan dari para dermawan ini membuat pondok terbantu. Intan pun menyampaikan terima kasihnya dalam kesempatan tersebut. “Alhamdulillah, barakallahu fiikum teman-teman Global Wakaf-ACT bisa bantu ke sini. Semoga Berkah untuk ACT dan semua donaturnya,” ungkap Intan. []