Ratusan Bibit Bakau di Balikpapan, Ikhtiar Hijaukan Kalimantan

Tergerak dengan kepedulian kepada Tanah Borneo, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalimantan timur, serta Earthhour, menanam ratusan bibit pohon bakau di Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

tanam pohon kalimantan
Diduga setengah dari populasi lahan hijau di Kalimantan tergerus akibat kegiatan pembukaan lahan. (ACTNews/Afif Karomi)

ACTNews, BALIKPAPAN – Kalimantan Timur dikenal dengan luas wilayah hutannya. Seperti di Kalimantan Timur, yang memiliki 8,3 juta hektare wilayah hutan. Namun diduga setengah dari populasi lahan hijau di Kalimantan tergerus akibat kegiatan pembukaan lahan.

Alam pun kerap membalas perbuatan manusia ini. Misalnya pada banjir besar yang menenggelamkan berbagai daerah di Kalimantan Selatan pada awal tahun lalu. Diduga penyebab utama banjir besar itu adalah berkurangnya hutan primer dan sekunder dalam 10 tahun terakhir di keseluruhan provinsi tersebut.

Untuk membantu menyelesaikan persoalan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalimantan timur, serta Earth Hour, menanam ratusan bibit pohon bakau di Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. Kegiatan ini dilakukan pada Sabtu (25/9/2021) lalu.


“Insyaallah aksi yang kami lakukan ini bisa menjadi ghiroh baru bagi Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Timur, karena membantu dan peduli dengan alam secara tidak langsung juga membantu lingkungan hidup manusia,” ungkap Budi Cahyanto dari Tim Program ACT Kalimantan Timur.

Budi pun mengajak para dermawan untuk turut berpartisipasi dalam aksi-aksi peduli lingkungan lainnya. “Seperti penanaman bibit pohon bakau ini, insyaallah sebagai investasi bagi kita untuk generasi muda yang akan datang. Karena kita harus mewarisi lingkungan yang lebih baik untuk peradaban yang lebih baik,” tutup Budi. []