Ratusan Keluarga Prasejahtera di Semanan Nikmati Beras Gratis ACT

Setelah sermoni peluncuran awal Program Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia di kantor Aksi Cepat Tanggap, implementasi program SKPI kemudian lanjut dilakukan di Kelurahan Semanan, Kalideres, Jakarta Barat.

Ratusan Keluarga Prasejahtera di Semanan Nikmati Beras Gratis ACT' photo
Warga Kelurahan Semanan, kecamatan Kalideres, Jakart Barat menerima bantuan beras program Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia – Aksi Cepat Tanggap, beserta air mineral wakaf, dan makanan siap santap Humanity Food Truck, Jumat (7/2). (ACTNews/Gina Mardani)

ACTNews, JAKARTA BARAT – Aksi Cepat Tanggap kembali menggulirkan program pengentasan kemiskinan bertajuk Sahabat Keluarga Prasjehatera Indonesia (SKPI). Diluncurkan pada Jumat (7/2), program ini menyasar ratusan keluarga prasejahtera di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, didukung dengan kehadiran Humanity Rice Truck. 

Pagi itu, Humanity Rice Truck menyajikan 300 paket beras untuk warga yang membutuhkan di Kelurahan Semanan. Lokasi itu menjadi daerah implementasi pertama setelah seremoni peluncuran program Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia.

Kepala Cabang ACT Jakarta Barat Andre Alfiansyah mengatakan, warga penerima bantuan beras SKPI di Kelurahan Semanan adalah korban banjir pada Januari lalu. Ia mengatakan, pendistribusian bantuan ini merupakan tahap awal. “Ada paket beras lima kilogram dan Air Mineral Wakaf yang kami berikan kepada warga,” kata Andre. Lebih lanjut, bersama Masyarakat Relawan Indonesia Jakarta Barat, ACT terus mendata warga Jakarta Barat yang membutuhkan.

Manajer Program ACT Eka Setyawati mengatakan, pendistribusian beras program SKPI di Semanan merupakan satu dari lima rangkaian pendistribusian serentak yang juga dilakukan Jumat itu. “Ada lima wilayah di DKI Jakarta yang hari ini juga menerima paket beras. Total seribu penerima manfaat hari ini,” kata Eka.

Relawan Masyarakat Relawan Indonesia Jakarta Barat mempersiapkan paket beras yang akan dibagikan kepada warga Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Jumat (7/2). (ACTNews/Gina Mardani)

Total 1.000 penerima manfaat itu tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. Eka mengatakan, program SKPI menargetkan 10.000 penerima manfaat. Pendistribusian beras gratis dari program ini juga telah dilakukan sebulan sebelum seremoni peluncuran awal program SKPI. Eka berharap, melalui program ini, semakin banyak masyarakat yang membersamai ikhtiar ACT menyejahterakan masyarakat prasejahtera, khususnya dari lingkungan terdekat.

Bayu selaku Lurah Semanan sangat mengapresiasi kehadiran program SKPI. Kata Bayu, ini bukan pertama kali ACT membantu warga Semanan. “Saya ucapkan terima kasih kepada ACT dan donatur yang sudah meringankan beban kelurahan kami, kelurahan Semanan,” ungkap Bayu.

Kelurahan Semanan saat banjir lalu menjadi salah satu wilayah yang tergolong lama surut banjir. Bayu mengungkapkan, seminggu lamanya air menggenangi permukiman warga. “Semoga bantuan ini dapat sedikit meringankan beban saudara-saudara sekalian. Dan kita doakan ACT tetap bisa bergerak di bidang kemanusiaan,” kata Bayu.

Karli (73), warga Kelurahan Semanan yang menjadi salah satu penerima manfaat program SKPI ,amat bersyukur. Sehari-hari di usia senjanya ia masih harus berjualan sayur keliling. Dengan menerima bantuan beras, ia dapat menghemat pengeluaran untuk membeli beras pekan ini. “Alhamdulillah bersyukur ini, semoga warga yang membutuhkan juga dapat menerima bantuan,” kata Karli.

Di tempat yang berbeda, Matali (73). Warga Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Jakarta Selatan, juga amat mensyukuri bantuan beras yang ia terima. Matali yang sehari-hari bekerja sebagai hansip di lingkungan tempat tinggalnya itu harus menafkahi tiga anggota keluarga lainnya. “Senang banget alhamdulillah. Belum pernah dapat bantuan yang begini-begini,” jelasnya.[]


Bagikan