Ratusan Korban Kebakaran di Baturotok Kini Mengungsi

Kebakaran besar melanda perkampungan warga di Desa Baturotok, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa dan menghanguskan puluhan rumah. Sebanyak 72 rumah hangus terbakar dan 282 jiwa harus mengungsi.

Kondisi pengungsian dari korban kebakaran di Desa Baturotok. (ACTNews)

ACTNews, SUMBAWA – Kebakaran besar melanda perkampungan warga di Desa Baturotok, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa dan menghanguskan puluhan rumah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran Sabtu (7/11) siang.

“Dari kesaksian warga, belum dapat dipastikan penyebab utama kebakaran. Kebanyakan rumah merupakan rumah panggung dari kayu jadi api sangat cepat merambat ke rumah lainnya dan tidak banyak harta benda mereka yang bisa diselamatkan,” jelas Muhajir Efendi dari Tim  Disaster Emergency Response (DER) - Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Tim DER – ACT terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait yang berada di Sumbawa Sejak Ahad (8/11) kemarin. Kendala yang paling besar yang dihadapi dalam pendistribusian bantuan adalah akses jalan yang sangat sulit. Ditambah juga medan curam dan licin.


Dari data yang dihimpun tim di lapangan, 72 rumah hangus terbakar dan 282 jiwa harus mengungsi. Para korban kebakaran mendirikan tenda seadanya di atas lokasi puing-puing yang terbakar. “Kami tiba di lokasi kebakaran sekaligus membawa bantuan obat-obatan untuk kebutuhan warga. Tim sekaligus melakukan asesmen lanjutan mendata apa saja yang menjadi kebutuhan para korban kebakaran,” kata Muhajir.

Dari hasil asemen, kebutuhan yang paling mendesak para korban kebakaran adalah bantuan makanan, obat-obatan, selimut, alat penerangan, air bersih, makanan bayi, popok dan alat kebersihan personal. Muhajir berharap bantuan dari para dermawan agar dapat meringankan para korban melalui kesulitan mereka saat ini.

“Kami tentu berharap sedekah terbaik para dermawan pada masa darurat ini. Ada ratusan orang kehilangan tempat tinggalnya. Bantuan dapat disalurkan melalui laman  Indonesia Dermawan atau transfer langsung ke rekening BNI Syariah di nomor 77 0000 434 atas nama Yayasan Aksi Cepat Tanggap,” ajak Muhajir. []