Ratusan Paket Daging Terdistribusi saat Iduladha di Tasikmalaya

Daging segar dari hewan yang baru saja disembelih di terima warga Rancamaya, Kabupaten Tasikmalaya. Daging tersebut berasal dari hewan kurban masyarakat yang disalurkan melalui Global Qurban - ACT dan mulai disembelih pada Jumat (31/7) hingga hari tasyrik ketiga.

Ratusan Paket Daging Terdistribusi saat Iduladha di Tasikmalaya' photo
Salah satu warga Rancamaya, Kabupaten Tasikmalaya yang menerima daging kurban dari Global Qurban - ACT saat Iduladha 2020. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, TASIKMALAYA – Takbir masih menggema dari pengeras suara masjid yang berada  di kampung sebelah Kampung Rancamaya, Desa Gunungsari, Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (31/7) siang. Selepas menunaikan ibadah salat Jumat, beberapa warga kampung segera menuju pelataran Pesantren Nurul Fahmi. Di halaman tempat pendidikan Islam itu diselenggarakan penyembelihan hewan kurban dari Global Qurban - ACT.

Proses pemotongan kambing kurban melibatkan tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan warga sekitar tempat pemotongan. Rasa kekeluargaan tercipta di tengah kondisi yang kurang baik karena adanya pandemi Covid-19. Ratusan paket daging kurban menjangkau ratusan keluarga di Kampung Rancamaya.

Warga sekitar sangat antusias dengan adanya pendistribusian daging kurban di kampungnya. Pasalnya, tidak setiap tahun ada prosesi penyembelihan hewan kurban, yang dagingnya bisa dinikmati warga setempat. Kondisi ekonomi serta pemahaman keagamaan warga sekitar yang menjadi alasan. “Di hari yang berbahagia ini, Global Qurban - ACT membawakan hadiah yang semoga saja bisa menghibur masyarakat,” jelas Taufik Perdana, Kepala Cabang Global Qurban - ACT Tasikmalaya.

Taufik mengatakan, sudah tiga tahun terakhir Global Qurban - ACT Tasikmalaya mendistribusikan hewan kurban masyarakat ke kampung tersebut. Ekonomi warga yang masih prasejahtera, rawan terjadi bencana kekeringan, jarang menikmati daging kurban, serta fasilitas pendidikan agama yang masih kurang menjadi alasan utama daging kurban didistribusikan untuk warga Rancamaya. “Daging kurban ini juga menjadi media dakwah, pasalnya masih banyak warga yang belum mengerti pentingnya berkurban,” tambahnya.

Di Tasikmalaya sendiri hingga akhir taysrik nanti akan mendistribusikan hingga ribuan paket daging. Daging tersebut diberikan ke warga prasejahtera, pelosok, serta jarang mendapatkan daging kurban. Sebaran wilayahnya pun beragam, mulai dari perkotaan yang dihuni masyarakat prasejahtera, hingga warga yang tinggal di bawah kaki Gunung Galunggung yang sudah beberapa tahun terakhir tak bisa menikmati daging kurban.[]


Bagikan