Ratusan Paket Pangan Topang Kebutuhan Diaspora Uighur

Paket pangan tersebut juga ada untuk membantu kebutuhan Ramadan para pengungsi di Kayseri, Turki.

Ratusan Paket Pangan Topang Kebutuhan Diaspora Uighur' photo

ACTNews, KAYSERI - Semenjak meninggalkan Urumqi, Xinjiang, etnis Uighur yang menyintas ke Kota Kayseri, Turki, hidup dalam kekurangan dan kemiskinan. Status imigran juga menjadikan mereka sulit mendapatkan pekerjaan karena mereka adalah warga asing di Kayseri. Kini, diaspora Uighur di Kayseri menggantungkan hidupnya dari uluran tangan orang-orang yang masih peduli pada mereka.


“Kondisinya mereka saat ini tinggal di tempat yang seharusnya sudah akan digusur atau diruntuhkan, dan kini tinggal menunggu waktu sampai mereka pergi dari tempat tersebut. Apakah setelahnya mereka akan mendapatkan support dari pemerintah Turki atau dari lembaga, itu kita belum tahu,” ujar Firdaus Guritno dari Global Humanity Response - ACT pada Selasa (7/5).


Paket pangan untuk diaspora Uighur di Kayseri didistribusikan pada Sabtu (4/5) lalu. Berkolaborasi bersama Wardah, ACT memberikan ratusan paket pangan untuk 160 kepala keluarga.




“Sabtu kemarin sudah kita turunkan bantuan paket pangan untuk pengungsi Uighur di Kayseri. Pendistribusian dilakukan di satu titik dan juga kami antar ke rumah-rumah warga,” ujar Firdaus.


Ia menambahkan, satu paket pangan berisi minyak sayur, tepung terigu, tepung jagung, garam, dan permen. Diharapkan paket pangan tersebut dapat menopang kebutuhan pangan warga Uighur selama awal Ramadan ini.


Bantuan pangan saat ini memang kebutuhan paling mendesak untuk pengungsi-pengungsi di sana. Kedepannya, ACT akan memfokuskan untuk memenuhi kebutuhan ini untuk diaspora Uighur di Kayseri.