Ratusan Porsi Makanan Gratis Sapa Warga TPA Jatibarang

Operasi Makan Gratis didukung Humanity Food Truck kembali menggelar aksi. Kali ini menghadirkan ratusan porsi untuk warga di TPA Jatibarang, Semarang.

humanity food truck
Distribusi makanan siap santap dari Humanity Food Truck untuk pekerja di TPA Jatibarang. (ACTNews)

ACTNews, SEMARANG – Operasi Makan Gratis terus Aksi Cepat Tanggap (ACT) hadirkan untuk warga di tengah pandemi. Kali ini, program yang didukung kedermawanan masyarakat ini hadir di Kompleks Tempat Pembuangan Akhir Jatibarang, Semarang. Sebanyak 500 porsi makanan siap santap disajikan melalui Humanity Food Truck di pekan kedua September.

Hamas Rausyanfikr dari tim Program ACT Jawa Tengah berharap, dengan hadirnya Humanity Food Truck yang mendukung Operasi Makan Gratis kali ini, mampu memenuhi kebutuhan bagi pekerja harian di TPA Jatibarang.

“300 porsi terdistribusi untuk pemilah sampah TPA Jatibarang dan keluarganya. Sementara 200 porsi lainnya dibagikan ke panti asuhan dan pesantren yang ada di sekitar,” ungkapnya.

Proses pendistribusian didukung relawan Masyrakat Relawan Indonesia (MRI) Kota Semarang. Hamas menambahkan, Operasi Makan Gratis merupakan wujud aksi berkesinambungan dan menjadi manfaat yang besar bagi masyarakat prasejahtera di kala pandemi Covid-19.

TPA Jatibarang sendiri menempati area 46 hektare. Setiap harinya ada berton-ton sampah masuk ke tempat ini. Sebagai lokasi pembuangan akhir, banyak warga prasejahtera yang kemudian menggantungkan rezekinya dari barang yang sekiranya masih bernilai ekonomi.

"Dengan adanya Operasi Makan Gratis sangat membantu untuk makan siang pemilah sampah di sini,” kata Wahyu, Kepala Pengelola TPA Jatibarang.[]