Ratusan Ribu Liter Air Bersih dari Pelindo II untuk Warga Ogan ilir

Sebanyak 105.000 liter air bersih hasil kedermawanan dari Pelindo II didistribusikan ke dua desa di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan.

Ratusan Ribu Liter Air Bersih dari Pelindo II untuk Warga Ogan ilir' photo

ACTNews, OGAN ILIR - Musim kemarau panjang selama beberapa bulan terakhir mengakibatkan krisis air bersih bagi warga di sejumlah wilayah Indonesia, tak terkecuali Sumatra Selatan. Para warga harus mengambil air di lokasi yang cukup jauh dari tempat tinggal mereka, bahkan ada yang membeli air setiap hari demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Turut atasi dampak kekeringan di Sumatra Selatan, ACT mendistribusikan ratusan ribu liter air bersih. Sekitar 240.000 liter air bersih diberikan sejak Juni lalu, dan telah menjangkau hampir 10.000 jiwa di Sumatra Selatan.

Jumat (30/8), ACT Sumsel berkolaborasi bersama Pelindo II kembali menghadirkan bantuan air bersih untuk warga yang membutuhkan. Sebanyak 105.000 liter air bersih hasil kedermawanan dari Pelindo II didistribusikan ke dua desa di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan.

Lukman selaku Kepala Bagian SDM PT Pelindo II berharap bantuan air bersih tersebut dapat dapat bermanfaat untuk warga di kedua desa. “Bantuan air bersih ini merupakan amanah dari teman-teman Maziska Pelindo. Insyaallah, ke depannya kami juga berencana memberikan bantuan yang berkelanjutan. Terima kasih untuk ACT yang telah membantu menyalurkan bantuan air hari ini," jelas Lukman, Jumat (30/8).

Desa Sarang Elang dan Desa Sri Banding menjadi sasaran pendistribusian air bersih Jumat itu. Akses menuju kedua desa yang berlokasi di Kecamatan Pemulutan ini memang cukup jauh. Tim relawan ACT bersama Pelindo II pun harus menelusuri wilayah tersebut melalui jalan yang terjal dan berliku. Di sepanjang jalan terlihat pepohonan dan rumput telah menguning dan kering, tanda bahwa daerah tersebut telah lama tak tersentuh hujan.

Sambutan para warga sangat antusias ketika Humanity Water Tank sampai di desa mereka. Terlihat puluhan penampungan air telah disiapkan warga sembari menunggu kehadiran Humanity Water Tank.

Taufik selaku Kepada Desa Sarang Lang turut menuturkan rasa terima kasihnya kepada ACT dan PT Pelindo II atas bantuan yang diberikan. 

Pelindo II memang telah banyak berkontribusi untuk di bidang pemberdayaan masyarakat. Juli lalu, Maziska PT Pelindo II meresmikan bantuan sumur wakaf dilengkapi dengan fasilitas MCK dan pipanisasi untuk warga di dusun Air Itam, Pulokerto, Sumsel.

Dampak kekeringan masih berlanjut, ACT Sumsel pun mengajak seluruh masyarakat untuk terus membantu warga terdampak kekeringan melalui program “Gerakan Sedekah Air untuk Saudara Sebangsa. 

“Bagi para dermawan yang berniat menyalurkan kepeduliannya bisa mengklik tautan bit.ly/DermawanSumselBantuKekeringan. Insyaallah, donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk saudara-saudara kita yang masih dilanda krisis air bersih,” terang Dedi Wahyudi selaku Kepala Cabang ACT Sumsel. []

Bagikan