Ratusan Titik Sumur Wakaf Alirkan Air Bersih ke 33.000 Jiwa

Selama enam bukan terakhir, Sumur Wakaf diperkirakan telah mengalirkan air bersih kepada 33.423 jiwa serta menjangkau 60 desa dan kelurahan. Sumur Wakaf hadir untuk mengentaskan persoalan air warga secara jangka panjang.

Ratusan Titik Sumur Wakaf Alirkan Air Bersih ke 33.000 Jiwa' photo
Salah seroang warga Cirebon sedang memanfaatkan Sumur Wakaf untuk wudu menjelang salat zuhur. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Global Wakaf – ACT, terus berikhtiar menyediakan pasokan air bersih gratis bagi masyarakat. Selama enam bulan terakhir, Sumur Wakaf telah mengalirkan air bersih kepada 33.423 jiwa serta menjangkau 60 desa dan kelurahan. Sumur Wakaf tersebut tersebar di 138 titik lokasi.

“Alhamdulillah, dari perkiraan kita ada 33.423 jiwa yang merasakan manfaat hadirnya Sumur Wakaf. Sumur yang kita bangun juga bermacam-macam, sesuai kebutuhan warga sekitar lokasi,” jelas Moch Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf – ACT pada Senin (29/6) ini.

Jenis sumur yang dimaksud Nurul terdiri dari 81 Sumur Wakaf Keluarga, 32 Sumur Wakaf Masjid atau Musala, 4 Sumur Wakaf Sekolah atau untuk madrasah, 12 unit Sumur Wakaf untuk pondok pesantren, dan 10 Sumur Wakaf Komunal untuk warga desa dan kelurahan setempat. Sampai kini pembangunan Sumur Wakaf terus belanjut dan meluaskan manfaatnya ke seluruh negeri.

“Pembangunan terus berjalan. Kita terus menyampaikan amanah para dermawan kepada penerima manfaat yang memang sangat membutuhkan air. Kami harap kita juga bisa lebih banyak lagi menjangkau daerah-daerah yang masih kesulitan air,” harap Nurul.


Salah seorang pekerja di perkebunan odot Lumbung Ternak Wakaf di Desa Cintabodas, Kabupaten Tasikmalaya, sedang mengairi perkebunan dengan air dari Sumur Wakaf. (ACTNews/Reza Mardhani)

Jika Sumur Wakaf hadir untuk mengatasi kekeringan jangka panjang, ACT juga punya program lain dalam mengentaskan kesulitan air secara langsung kepada masyarakat. Melalui program distribusi air bersih dari armada kemanusiaan Humanity Water Truck, sebanyak 60.000 liter air telah sampai kepada 2.446 jiwa.

“Distribusi ini telah berlangsung dari 19 Maret hingga 28 Juni kemarin. Alhamdulillah dengan hadirnya Humanity Water Truck, kita bisa menjangkau daerah-daerah yang memiliki masalah dengan air bersih sehingga dapat menjadi solusi bagi warga yang benar-benar membutuhkan air saat itu juga,” ungkap Sutaryo selaku Koordinator dari  Humanity Water Truck.


Manfaat dari program-program penyediaan air bersih ini dirasakan salah satunya oleh Irfan (40). Tak henti-hentinya warga Desa Karawana, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi ini mengucapkan kalimat syukur. Pasalnya, setelah bertahun-tahun menempati rumah, baru kali ini bisa menikmati fasilitas air di rumahnya sendiri. Bantuan Sumur Wakaf Keluarga mempermudah ia untuk mendapatkan air, khususnya mandi, mencuci, dan memasak.

Selama ini, Irfan dan keluarga kerap dibuat repot untuk memenuhi kebutuhan air karena tak adanya sumber air dari rumahnya sendiri. Pasalnya, untuk membangun sumur air butuh biaya yang cukup besar dan belum terjangkau bagi keluarga Irfan. Irfan pun bertahan dengan kondisi seadanya dan memilih menumpang di kediaman tetangganya untuk keperluan air.

“Tapi sekarang sudah ada sumur, jadi enggak perlu merepotkan tetangga lagi. Selain sumur dan mesin airnya, saya juga punya bak baru. Saya enggak mau menikmati air dari Sumur Wakaf ini sendirian, siapa pun yang membutuhkan air bisa mengambilnya,” ungkap Irfan, Kamis (25/6). []


Bagikan