Rayakan Iduladha, Warga Kampung Cicondong Semangat Berbagi Kurban

Awalnya, kurban diperuntukkan bagi sekitar 60 keluarga. Namun, warga Kampung Cicondong berinisiatif membagikan daging kurban kepada warga kampung tetangga, yang belum mendapat daging kurban karena nihilnya pekurban.

Rayakan Iduladha, Warga Kampung Cicondong Semangat Berbagi Kurban' photo
Salah satu warga Rancamaya, Tasikmalaya, bersyukur menerima daging kurban. (ACTNews/Rimayanti)

ACTNews, TASIKMALAYA - Ceria dan Sukacita, dua kata itu yang paling dominan menggambarkan warga Kampung Cicondong, Kelurahan Cibeuti, Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Sabtu (1/8). Budaya gotong royong yang masih sangat kental mengiringi proses penyembelihan sapi kurban amanah Amily Hijab yang disalurkan melalui Global Qurban - ACT Tasikmalaya. 

“Kalau melakukan kegiatan penyembelihan dari awal seperti ini baru tahun ini. Karena tahun-tahun sebelumnya jarang sekali yang berkurban. Sekalinya ada, itu didapatkan dari kampung tetangga. Jadi sangat terlihat sekali antusias warga di hari ini,” ungkap Asep, tokoh masyarakat setempat. 

Selain kebersamaan yang terjalin, semarak kurban hari itu juga dibarengi semangat berbagi kepada sesama. Awalnya, kurban diperuntukkan bagi sekitar 60 keluarga yang tinggal di satu RW yang setiap tahunnya minim pekurban. Namun, warga Kampung Cicondong berinisiatif membagikan daging kurban kepada warga kampung tetangga, yang belum mendapat daging kurban karena nihilnya pekurban. Sehingga, total ada 200 keluarga yang menikmati daging kurban ini.

“Kita memiliki semangat yang besar untuk berbagi. Meskipun di sini juga jarang ada (berkurban), kita ingin daerah terdekat juga bisa merasakan kebahagiaan kami saat ini,” tambah Asep.

Kedermawanan warga setempat menginspirasi salah satu perwakilan dari Amily Hijab, Nunung Nurhayati. Ia bersama timnya mengaku terharu saat melihat prosesi penyembelihan hewan kurban dan kepedulian warga Kampung Cicondong.

“Alhamdulillah dengan Allah mempertemukan kami bersama masyarakat Cicondong, kami jadi terinspirasi dengan kepedulian mereka terhadap sesama, yang tadinya hanya untuk 62 KK lalu dibagikan ke lebih dari 200 KK. Dari sini justru kami yang mendapatkan inspirasi baik dari mereka. Ternyata berbagi itu tidak melulu saat kita sedang lapang. Terima kasih banyak kepada Global Qurban - ACT yang telah mempertemukan kami dengan masyarakat melalui kegiatan  kurban ini,” ungkap Nunung.

M. Fauzi Ridwan selaku Koordinator Program Global Qurban - ACT Tasikmalaya menyampaikan, selain di Kampung Cicondong, pendistribusian kurban juga menyasar warga prasejahtera di wilayah-wilayah lainnya. “Kemarin (31/7), kami menyembelih dan mendistribusikan kurban di Kampung Rancamaya, Desa Gunugsari, Kabupaten Tasikmalaya. Lalu hari ini (1/8), selain di Kampung Cicondong, daging kurban juga didistribusikan di Kampung Cicau, Kelurahan Cibeuti Kawalu, Kota Tasikmalaya dan Kampung Cisugih, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya,” jelas Fauzi.

Pendistribusian kurban di Tasikmalaya berlangsung hingga hari tasyrik ketiga, Senin (3/8). Di hari ini, pembagian daging kurban menyasar Kampung Buligir, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya dan Kampung Cikuda, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya.

“Terima kasih atas dukungan seluruh dermawan yang telah menyalurkan hewan kurbannya melalui Global Qurban. Alhamdulillah, warga yang menerima daging kurban amat bahagia,” pungkas Fauzi.[]


Bagikan