Redam Kekeringan, Pembangunan Sumur Wakaf di Bekasi Berlanjut

Musim kemarau, sejumlah rumah tangga di Kabupaten Bekasi krisis air bersih. Meredam dampak kekeringan, ACT dan MRI Bekasi melanjutkan pembangunan Sumur Wakaf di Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi.

Redam Kekeringan, Pembangunan Sumur Wakaf di Bekasi Berlanjut' photo
Dapur rumah Naimin, lokasi yang akan dijadikan MCK dan dialiri dari Sumur Wakaf yang dibangun oleh Global Wakaf - ACT. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN BEKASI – Di tengah kesulitan ekonomi akibat dampak pandemi, air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari juga masih sulit didapatkan warga di sejumlah wilayah di Bekasi. 

Namin (62), warga Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, adalah salah satu warga yang mengalami kekeringan menahun. Lelaki baya yang berprofesi sebagai buruh tani ini berkeluh kesulitan dirinya mendapatkan air bersih saat musim kemarau tiba di pertengahan tahun.

Namin mengaku, karena tidak adanya sumber air, ia dan keluarganya harus membeli air dengan biaya Rp10 ribu per jeriken ukuran 20 liter. Harga tersebut cukup mahal bagi Namin yang harus membeli air setiap hari. 

“Mahal, kalau setiap hari beli karena kebutuhannya juga banyak. Jadi kadang minta saja ke tetangga. Kadang juga ngambil ke masjid, tapi lumayan jauh,” kata Namin, Jumat (24/7).

Dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Desa Sukatenang tempat Namin tinggal merupakan salah satu wilayah paling parah dilanda kekeringan. Di lingkungan itu pula, masih sedikit warga yang memiliki sumber air sendiri.

Keadaan itu membuat ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Bekasi menginisiasi pembangunan Sumur Wakaf keluarga di lokasi setempat. Menyusul tahap pertama pembangunan 28 sumur, saat ini enam sumur dibangun untuk meredam kekeringan meluas di Bekasi. Pembangunan dimulai pada Jumat (24/7).

Kepala Cabang ACT Bekasi Ishaq Maulana menerangkan, Sahabat Dermawan juga bisa berpartisipasi mencegah kekeringan yang meluas di Bekasi melalui program Wakaf Rame-Rame yang diinisiasi oleh Global Wakaf – ACT Bekasi. “Salurkan wakaf sahabat melalui tautan bekasi.indonesiadermawan.id,” kata Ishaq.[]


Bagikan