Relawan Bantu Angkut Kebutuhan Warga Gaza dengan Tuktuk

Sepuluh unit gerobak motor ini adalah pemberian Sahabat Dermawan di Indonesia digunakan untuk membantu warga Gaza pindah dari rumah mereka yang runtuh di wilayah Al Nasr, Gaza Utara.

gerobak motor palestina
Relawan ACT membantu memasukkan barang-barang warga Gaza ke gerobak motor. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Menggandeng para relawan, Tim ACT di Gaza mengerahkan 10 gerobak motor atau tuktuk untuk membantu masyarakat Gaza mengungsi. Sementara waktu, mereka berpindah dari rumah mereka yang runtuh di wilayah Al Nasr, Gaza Utara.

Setiap gerobak motor terdapat dua relawan yang bertugas untuk membantu mengangkat barang-barang dari rumah tiap keluarga. Tanpa mengeluh, di bawah teriknya sinar matahari, para relawan dengan semangat memanggul berbagai jenis barang membantu sang empunya rumah. Ada bantal dan kasur lipat bahkan tabung gas 12 kilogram. Semua itu dimasukkan ke gerobak motor pemberian masyarakat Indonesia.

"Sepuluh unit gerobak motor ini adalah pemberian Sahabat Dermawan di Indonesia. Warga Gaza sangat bersyukur atas bantuan ini. Sebab, jika tidak menggunakan gerobak motor, mereka terpaksa harus berjalan kaki bolak-balik sambil membawa berbagai barang yang berat. Mereka juga tidak memiliki cukup uang untuk menyewa mobil untuk mengangkut barang-barang tersebut," ujar Amir Firdaus dari Tim Global Humanity Response (GHR) ACT, Ahad (20/6/2021).

Penggunaan gerobak motor dari Sahabat Dermawan ini pun bukan yang pertama kalinya. Pascagencatan senjata di Gaza, unit ini juga digunakan untuk mengangkut keluarga Gaza yang mencoba kembali ke rumahnya setelah berhari-hari mengungsi di beberapa tempat pengungsian.[]