Relawan MRI Kalsel Dukung Penanganan Banjir Kalteng

Banjir yang telah berlangsung lama dan meluas di Kalimantan Tengah membutuhkan uluran tangan. Untuk itu, ACT dan MRI Kalimantan Selatan turut andil dengan mengirimkan regu relawan guna ikut penanganan bencana.

banjir kalimantan tengah
Relawan MRI tengah di perjalanan menuju perkampungan warga yang terdampak banjir di Kalimantan Tengah. (ACTNews)

ACTNews, BANJARMASIN – Merespons banjir yang meluas dan sudah berlangsung selama tiga pekan di Kalimantan Tengah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalimantan Selatan mengirimkan tim beranggotakan 34 relawan untuk membantu masyarakat di Kalteng. Pengiriman relawan tambahan ini karena banjir yang telah berlangsung lama dan meluas berdampak besar pada kehidupan masyarakat.

“Kami mengirimkan 34 relawan yang terdiri dari komandan lapangan, tim pendataan, tim penyelamat dan tim pelaporan. Mereka berangkat pada Ahad (19/9/2021) kemarin,” jelas Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin di Banjarmasin.

Di lokasi banjir, tim MRI melakukan berbagai aksi kemanusiaan, mulai dari penyelamatan hingga pendistribusian bantuan. Relawan pun disebar ke berbagai titik. Mulai dari Katingan, Pulang Pisau hingga Palangkaraya.

“Sampai saat ini, walau sudah tiga pekan banjir melanda, proses evakuasi masih saja berlangsung. Lamanya banjir membuat kehidupan sangat terdampak,” jelas Komandan Lapangan Tim ACT-MRI Muhammad Riadi.

Salah satu evakuasi, tambah Riadi, yang cukup membekas bagi relawan ialah saat membantu evakuasi seorang ibu yang tengah melahirkan pada Selasa (21/9/2021) di Jalan Jekan Raya, Palangkaraya. Di tengah banjir itu, Fatimah, salah satu warga, melahirkan di rumahnya.

“Usai melahirkan, tim relawan segera mengevakuasi bayi menuju lokasi yang lebih aman dengan perahu karet. Banjir di lokasi melahirkan cukup dalam, sehingga butuh kehati-hatian. Bayi tersebut kemudian oleh sang ayah diberi nama Siti Fatimah,” tutur Riadi.

Selain relawan MRI, berbagai organisasi seperti Indonesian Offroad Federation (IOF) Kalsel, Jip Adventure Club Kalsel (JACKS) dan Yayasan Insan Peduli Kasih Tanah Bumbu juga ikut dalam misi kemanusiaan ke Kalimantan Tengah. Mereka menyediakan berbagai keperluan untuk menunjang aksi kemanusiaan.[]