Relawan Nina: Masyarakat Belum Merdeka dari Masalah Sosial

Makna merdeka perlahan muncul ketika Nina Agustina menjadi relawan. Melihat berbagai kesulitan yang dialami masyarakat. Menurut Nina, masih banyak masyarat yang belum merdeka dari berbagai pemasalahan sosial.

Makna Merdeka
Ilustrasi. Nina Agustina, salah satu relawan MRI-ACT menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang belum merdeka. (ACTNews).

ACTNews, BOGOR – Nina Agustina merupakan salah satu relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT Bogor Selatan. Memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan senang membantu orang yang membutuhkan adalah alasannya menjadi relawan.

Momen kemerdekaan tahun ini, dirasa Nina berbeda di tahun-tahun sebelum ia menjadi relawan. Sebab, di tahun ini, ia menyadari bahwa masih banyak masyarakat yang belum merdeka dari berbagai permasalahan sosial.

“Merdeka itu orang-orang sudah tidak kelaparan. Sekarang banyak ditemui di sekitar kita, orang-orang kelaparan. Mereka menahan lapar, tak punya biaya untuk bertahan hidup,” kata Nina, Rabu (18/8/2021).

Bagi wanita yang tinggal di Desa Cimande, Caringin, Bogor, Jawa Barat dekat Gunung Pangrango ini, makna merdeka adalah saat masyarakat tidak lagi kesulitan untuk sekadar makan.

Maka dari itu, ia selalu berusaha untuk ikuti beragam aksi kedermawanan MRI-ACT untuk membantu masyarakat yang masih belum merdeka dari kelaparan. Selama empat bulan ia bergabung menjadi relawan, berbagai aksi telah ia ikuti. Mulai dari operasi makan gratis, operasi pangan gratis dan aksi-aksi sosial lainnya. 

Meski ekonominya sekadar cukup, setiap hari Jumat, Nina selalu mengusahakan bisa membagikan makanan siap santap ke masyarakat yang membutuhkan. “Saya jadi relawan, saya ingin memerdekakan orang-orang yang belum merdeka. Setidaknya sedikit bisa membantu mereka,” ujarnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh relawan di Indonesia, agar terus berikhtiar menolong sesama manusia. Meski dalam kondisi sulit, tetap selalu ingat bahwa masih ada orang yang lebih membutuhkan. “Tetap semangat menjaga kebersamaan ini. Semakin banyak relawan semakin banyak orang yang terbantu dan merdeka,” ucap Nina.[]