Relawan yang Selalu Ramaikan Lumbung Sedekah Pangan

Hadirnya Lumbung Sedekah Pangan di berbagai daerah, tak hanya mengajak warga sekitar lumbung untuk bisa aktif dalam kegiatan sosial. Gerakan ini juga diikuti relawan MRI di berbagai daerah untuk meluaskan kebaikan.

Relawan MRI Pesisir Barat saat berfoto bersama penerima manfaat di rumahnya. Kehadiran relawan MRI ini untuk mendistribusiakn paket pangan dari Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA, PESISIR BARAT Lebih dari tiga bulan lamanya Lumbung Sedekah Pangan digerakkan oleh berbagai elemen masyarakat. Inisiasi dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini diharapkan mampu menjadi salah satu solusi pemenuhan pangan di tengah keterpurukan ekonomi sejak hadirnya pandemi. Dalam perjalanannya, banyak pihak terlibat dalam aksi kebaikan ini, mulai dari pengurus masjid, warga sipil, pengurus lingkungan, mitra ACT, hingga yang selalu hadir ialah relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di berbagai daerah.

Seperti yang terlihat di Lumbung Sedekah Pangan di Masjid Al Jihad, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Jumat (6/11) lalu. Selepas ibadah Jumat, relawan dengan sigap mengarahkan penerima manfaat untuk mengambil bahan pangan secukupnya yang dibutuhkan. Mereka turut mengajak jemaah masjid untuk bisa ikut terlibat dalam gerakan kebaikan ini. Sebelumnya, rak yang menjadi medium kebaikan ini pun dirapikan oleh relawan MRI yang berada di bawah naungan Koordinator Daerah Jakarta Pusat.

“Teman-teman MRI tak hanya terlibat dalam aksi kemanusiaan yang ACT jalankan saat bencana alam saja, tapi juga gerakan kebaikan seperti Lumbung Sedekah Pangan ini. Mereka pun datang dari kalangan anak muda yang masih duduk di bangku sekolah,” jelas Fuad Mursidi dari tim Program ACT Jakarta Pusat.

Selain di Jakarta, relawan MRI juga turut aktif dalam Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan terlihat di Pesisir Barat. Tepatnya di Kecamatan Ngambur, relawan yang mayoritas merupakan anak muda ini ikut kegiatan mulai dari penggalangan dana, pengemasan peket pangan hingga distribusi yang dilakukan langsung ke rumah penerima manfaat.

Tak tanggung-tanggung, pada Ahad (15/11) kemarin, sebanyak 65 relawan MRI terlibat dalam satu aksi kebaikan ini. Mereka datang ke rumah-rumah warga di Desa Bumi Ratu serta Negeri Ratu untuk menyerahkan paket pangan dari Lumbung Sedekah Pangan. Target penerima manfaatnya ialah para lansia prasejahtera.

Relawan yang ada di Jakarta Pusat serta Pesisir Barat merupakan bagian kecil dari luasnya kebaikan yang disebarkan relawan MRI di berbagai penjuru negeri ini. Mereka tetap aktif terlibat dalam berbagai aksi kemanusiaan. Hermawan Wahyu Saputra dari tim ACT Lampung berharap, generasi muda yang lain bisa tertular semangat kebaikannya. Hal tersebut agar manfaat baik bisa semakin banyak dirasakan oleh masyarakat, khususnya mereka yang masih prasejahtera.

“Generasi muda lah yang akan menjadi penerus aksi-aksi kebaikan ACT, salah satunya Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini,” ungkapnya.[]