Renovasi Musala Bersejarah Nurul Iman Rampung

Musala Nurul Iman merupakan musala pertama dan bersejarah bagi warga Ringinsari. Saat ini renovasi musala bersejarah tersebut rampung dan telah diserahkan kepada warga.

musala nurul iman
Serah terima Lurah Ringinsari dan ACT Malang saat peresmian Musholla Nurul Iman. (ACTNews/Saiful Anam)

ACTNews, KABUPATEN MALANG – Renovasi musala bersejarah Nurul Iman rampung. Musala Nurul Iman merupakan musala bersejarah bagi masyarakat Desa Ringinsari, Kecamatan Subermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Musala Nurul Iman adalah musala pertama di Desa Riginsari, juga sebagai tempat persembunyian warga dari kejaran penjajah dahulu. 

Kepala Cabag ACT Malang, Iqrok Wahyu Perdana mengatakan, sebelum direnovasi, kondisi musala Nurul Iman memprihatinkan. Musala sempat direnovasi oleh yang merawat terdahulu, namun orang yang merenovasi wafat dan renovasi pun terhenti. Musala lalu dirawat oleh ahli waris yakni pasangan suami istri Sagiran (80) dan Tianah (78) yang usianya sudah tak lagi muda. 

“Renovasi musala Nurul Iman yang bersejarah bagi warga Ringinsari merupakan bagian dari program Mobile Social Rescue (MSR) ACT. Diharapkan, setelah direnovasi, musala tetap kebanggan dan hidup dengan kegiatan keislaman warga,” tutur Iqrak, Sabtu (10/7/2021). 

Iqrak melanjutkan, selain musala Nurul Iman, ACT Malang juga meresmikan rumah milik Muslimah di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang yang selesai direnovasi. Melalui program MSR, setidaknya 5 rumah warga yang tidak layak huni teolah diperbaiki dan diserahkan ke pemilik masing-masing. 

Sagiran yang saat ini merawat musala Nurul Iman mengatakan wasiat almarhum kakeknya dulu bahwa, musala tidak mati dari kegiatan ibadah. Musala harus terus dihidupkan. Untuk itu, ia dan istrinya terus merawat musala Nurul Iman meski kondisinya memprihatinkan. “Musala tidak boleh sepi,” katanya. 


Kondisi musala Nurul Iman sebelum renovasi. (ACTNews)

Slamet Winari, Kepala Desa Ringinsari mengucapkan terima kasih dan mendukung program-program ACT yang dilakukan di wilayahnya. Ia berharap masyarakat juga turut serta memberikan dukungan sehingga program-program lain bisa meluas ke berbagai wilayah di Malang Selatan. 

“Saya kenal ACT sudah lama. Jadi, bagi kami ACT tidaklah asing. Mewakili warga Ringinsari juga pribadi, saya mengucapkan beribu terima kasih sudah meringankan beban kami di sini. Terima kasih telah merenovasi musala dan rumah-rumah warga yang ada di Malang,” ucapnya.[]