Resmi, Tahfidz Land Amanahkan Lahan Wakaf kepada Global Wakaf-ACT Kalsel

Rencananya di atas lahan seluas satu hektare ini, akan berjalan program Wakaf Ternak Produktif pertama di Kalimantan.

tahfidz land group
Simbolisasi serah terima lahan Wakaf Ternak Produktif dari Tahfidz Land Banjar kepada Global Wakaf-ACT Kalsel. (ACTNews/Muhammad Rizki)

ACTNews, BANJARMASIN – Potensi wakaf yang cukup besar di Kalimantan Selatan, kembali terlihat. Bukan hanya untuk pembangunan masjid maupun pondok pesantren, wakaf juga hadir dalam bentuk pemberdayaan yang bersifat produktif, salah satunya lahan wakaf produktif.

Hal inilah yang mendorong Tahfidz Land Banjar, developer syariah kenamaan yang merupakan bagian dari Tahfidz Land Group, mewakafkan satu hektare lahan di Desa Abirau, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar kepada Global Wakaf-ACT Kalimantan Selatan (Kalsel).

Prosesi serah terima secara simbolis pun dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Banjarmasin, pada Ahad (13/2/2022) pagi. Manager Operasional Tahfidz Land Group Ari Setiawan menyerahkan langsung lahan wakaf ini kepada Kepala Cabang Global Wakaf-ACT Kalsel Zainal Arifin.

“Alhamdulillah lahan seluas satu hektar yang diwakafkan oleh Tahfidz Land Banjar untuk dikelola oleh Global Wakaf-ACT Kalsel telah diserahkan. Insyaallah, di lahan ini akan dibangun kawasan Wakaf Ternak Produktif,” kata Zainal.


Zainal menambahkan, lahan Wakaf Ternak Produktif ini merupakan yang pertama di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Selatan. Di mana, nantinya di kawasan Wakaf Ternak Produktif ini akan dikhususkan untuk pengelolaan hewan ternak kurban.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Tahfidz Land Banjar yang telah mempercayakan pengelolaan lahan wakaf kepada Global Wakaf-ACT Kalsel. Semoga kolaborasi ini terus berlanjut, dan kita juga mengajak seluruh masyarakat Kalsel untuk menyukseskan kehadiran Wakaf Ternak Produktif ini di Kalsel,” ujar Zainal.

Sementara itu Divisi Dakwah Tahfidz Land Banjar Mohammad Azwar mengatakan, Tahfidz Land Banjar yang berada di bawah Tahfidz Land Group mewakafkan lahan buat pengembangan dan pendirian sarana edukatif dan sarana produktif. Sehingga dapat dimanfaatkan dan dikelola secara optimal oleh para nazir atau yayasan penerima wakaf lahan sesuai peruntukannya.

“Dengan adanya wakaf lahan ini, harapan pewakif yaitu Tahfidz Land Group bisa saling bersinergi dan berkolaborasi menghidupkan ekosistem islami di kawasan ini, serta bermanfaat bagi keluarga besar Tahfidz Land Banjar dan bagi umat Islam secara luas,” pungkas Azwar. []