Rezeki Kakek Mustafa di Jumat Penuh Berkah

Uang Kakek Mustafa sebenarnya tak cukup untuk membeli sembako di Operasi Pangan Murah pada hari itu. Tetapi seorang dermawan memberikan rezekinya sehingga Kakek Mustafa dapat mengantre seperti yang lain.

operasi pangan murah
Sehari-hari Kakek Mustafa mendorong gerobak dan mengumpulkan sampah. (ACTNews/Dimas Aldrian)

ACTNews, BANDA ACEH – Setelah berkeliling, Kakek Mustafa singgah sejenak di Masjid Baiturrahmah, Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Pria berusia 70 tahun ini mememarkir gerobak yang menemaninya memulung, kemudian melepas penat sejenak. Menunggu azan berkumandang pada salat Jumat (29/10/2021) itu.

Sehari-hari ia mendorong gerobak dari kawasan Ceurih Ulee sampai Gampong Keuramat untuk mencari sesuap nasi. Biasanya ia memperoleh sampai Rp20 ribu, dan di samping itu Kakek Mustafa juga sering mencari penghasilan tambahan dengan memotong rumput dan membersihkan rumah warga.

“Paling banyak yang bisa saya dapat itu Rp50 ribu atau Rp100 ribu kalau ada tambahan kerja bersihkan halaman, itu pun hanya sesekali. Kalau sedang sedikit, (dari hasil memulung saja) saya mendapat Rp10 ribu untuk dibawa ke rumah,” ujar Kakek Mustafa.


Selain memulung, Kakek Mustafa juga mencari tambahan dengan membantu tetangganya memotong rumput. (ACTNews/Dimas Aldrian)

Tetapi tak lama beristirahat, Kakek Mustafa beranjak dan menghampiri Operasi Pangan Murah yang sedang diselenggaran Aksi Cepat Tanggap (ACT) di halaman Masjid Baiturrahmah kala itu. Uang yang dipegang Kakek Mustafa sebenarnya masih belum cukup untuk membeli bahan pokok pada hari itu, tetapi berkat bantuan seorang dermawan, Kakek Mustafa bisa ikut mengantre bersama ratusan masyarakat lain.

“Terima kasih banyak ya, Nak. Semoga Allah memudahkan rezeki kalian semua. Alhamdulillah kakek bawa pulang sembako untuk istri di rumah,” kata-kata itu terucap dari Kakek Mustafa. Bahagia itu jelas terukir dari bibirnya, memperlihatkan gigi yang telah tergerus usia. Ia pamit dan berlalu untuk bersiap melaksanakan salat Jumat.


Selain Kakek Mustafa, ada sekitar 250 jiwa lain yang menjadi penerima manfaat pada Operasi Pangan Murah pada hari itu. Operasi Pangan Murah sebelumnya telah menyapa sejumlah titik di Aceh seperti  di Lamnyong, Langsa, dan Lhokseumawe. “Insyaallah ke depannya akan kita adakan secara rutin dan bergilir di tempat yang berbeda agar penerima manfaatnya lebih merata,” ujar Rikar sebagai Staf Program ACT Aceh.

Rikar berharap, lebih banyak lagi Sahabat Dermawan yang tergerak hatinya untuk turut andil menjadi solusi kelaparan masyarakat prasejahtera melalui Operasi Pangan Murah. “Sahabat bisa menyalurkannya melalui rekening BSI 7089786023 atau Bank Aceh Syariah 01001930009205. Konfirmasikan donasi dapat dilakukan melalui pesan Instagram @act_aceh atau melalui 082283269008. Donasi dalam bentuk barang juga bisa diserahkan langsung ke Kantor Cabang ACT Aceh di Jl. Tgk. M. Daud Beureueh No. 46, Gampong Keuramat, Kuta Alam, Banda Aceh,” pungkasnya. []